ABK KM Bintang Sejahtera 8 Tewas Tertimpa Crane di Kotawaringin Barat Kalteng

Asep Suwargiman (40), seorang ABK KM Bintang Sejahtera 8 tewas tertimpa crane yang patah, Senin (5/12/2022) pukul 08.20 WIB.

Editor: Dewi Agustina
Istimewa
Asep Suwargiman (40), seorang ABK KM Bintang Sejahtera 8 tewas tertimpa crane yang patah, Senin (5/12/2022) pukul 08.20 WIB. Foto anggota polisi mendatangi KTP tewasnya ABK Kapal KM Bintang Sejahtera 8 tewas tertimpa crane di Pelabuhan Rakyat Kumai, Senin (5/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALAN BUN - Kecelakaan kerja terjadi di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Asep Suwargiman (40), seorang ABK KM Bintang Sejahtera 8 tewas tertimpa crane yang patah, Senin (5/12/2022) pukul 08.20 WIB.

Peristiwa itu terjadi di Pelabuhan rakyat, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Peristiwa tragis tersebut terjadi ketika proses bongkar muat barang dari dalam kapal tengah berlangsung," kata Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Bayu Wicaksono melalui Kasat Polairud AKP Roni Paslah saat dikonfirmasi Tribunkalteng.com, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Mobil Crane dan Tiang Beton Ambruk hingga Melukai 3 Orang, Operator Crane Jadi Tersangka

Korban merupakan ABK KM Bintang Terang 8 yang berasal dari Kampung Muara Bahari RT 10 RW 12, Kelurahan Tanjung Priok, Provinsi DKI Jakarta.

"KM Bintang Sejahtera 8 ini berlabuh di pelabuhan rakyat milik Halim, yang ada di Kelurahan Kumai Hulu RT 17 Kecamatan Kumai, di mana korban merupakan ABK di kapal tersebut," tuturnya.

Sejauh ini polisi sudah meminta keterangan dari saksi dua yakni Kurnia sandi, sebagai Officer KM Bintang Sejahtera 8 dan Armasyah yang merupakan operator crane KM Bintang Sejahtera 8.

AKP Roni mengatakan kronologis kejadian, setelah crane menaruh muatan di truk, kemudian kembali lagi akan mengangkat semen yang ada di KM Bintang Sejahtera 8, tiba-tiba as cranenya patah dan jatuh ke bagian kanan kapal.

Pada saat crane terjatuh, crane tersebut menimpa korban yang sedang mengarahkan kelotok yang akan bersandar di samping kapal dan menimpa korban hingga akhirnya meninggal.

Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun untuk dilakukan visum et refertum.

Roni mengatakan pihaknya begitu mendapatkan laporan langsung mendatangi TKP serta mengamankan dan olah TKP dengan memasang garis polisi.

Baca juga: Diduga Alami Kecelakaan Tunggal, Pengendara Motor Ditemukan Tewas dalam Parit di Kabupaten Kubu Raya

Polisi juga mencatat identitas korban dan saksi-saksi, serta membawa korban ke RSSI Pangkalan Bun guna Visum Et Repertum mayat.

Saat disinggung terkait adanya potensi kelalaian dalam kecelakaan kerja ini, pihak kepolisian mengaku masih melakukan pendalaman.

"Kami masih dalam proses penyelidikan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunkalteng.com dengan judul ABK KM Bintang Sejahtera 8 Tewas Tertimpa Crane di Pelabuhan Rakyat Kumai Kotawaringin Barat

Sumber: Tribun Kalteng
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved