Pemerintah Kaji Pemanfaatan HAPs untuk Dukung Kedaulatan Telekomunikasi

HAPs merupakan salah satu alternatif wahana teknologi telekomunikasi pada era digital.

Pemerintah Kaji Pemanfaatan HAPs untuk Dukung Kedaulatan Telekomunikasi
HANDOUT
Forum konsultasi komunikasi membedah kedaulayan di bidang teknologi telekomunikasi ini di Bandung lewat acara bertajuk 'Pemanfaatan Wahana Dirgantara Super Sebagai Teknologi Pendukung Jaringan Aman Mandiri Dalam Mewujudkan Kedaulatan Informasi Negara' di Bandung, Senin (26/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di era serba digital seperti sekarang, kedaulatan dalam bidang teknologi telekomunikasi menjadi sangat penting. Negara yang tidak memiliki kedaulatan telekomunikasi, praktis akan menjadi sasaran serangan serangan siber, seperti penyadapan, peretasan, pembocoran informasi dan sebagainya.

Pemerintah, melalui Kementerian Koordinator, Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), menggagas forum konsultasi komunikasi membedah kedaulayan di bidang teknologi telekomunikasi ini di Bandung lewat acara bertajuk 'Pemanfaatan Wahana Dirgantara Super Sebagai Teknologi Pendukung Jaringan Aman Mandiri Dalam Mewujudkan Kedaulatan Informasi Negara'.

Forum Konsultasi ini merupakan tindak lanjut dari Focus Grup Discussion yang diselenggarakan di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Forum konsultasi komunikasi ini dihadiri berbagai kalangan seperti dari unsur pemerintah, swasta/industri, akademisi dan masyarakat. 

Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Infromasi dan Aparatur, Kementerian Politik Hukum dan Keamanan Marsda TNI Budi Rus Nurhadi Sutejo dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews, Rabu (28/8/2019) mengatakan, forum konsultasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan dan pemanfaatan teknologi pendukung wahana dirgantara super atau High Altitude Platform System (HAPs) untuk kepentingan jaringan aman mandiri dan dampaknya bagi perkembangan industri telekomunikasi dalam negeri.

Seperti diketahui, HAPs merupakan salah satu alternatif wahana teknologi telekomunikasi pada era digital.

Baca: Tanggapan Istana Soal Artikel Dahlan Iskan yang Sebut Prabowo Miliki Lahan di Lokasi Ibu Kota Baru

HAPS mampu mengangkut berbagai jenis teknologi telekomunikasi broadband.

Dalam peraturan ITU, HAPs merupakan stasiun yang berlokasi pada ketinggian 20 hingg 50 km pada titik spesifik, nominal, dan fixed dari permukaan bumi.

Baca: Gaya Menperin Airlangga Jajal Skutik Listrik Sekaligus Ganti Baterai

Dari hasil kajian, HAPs bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi keterbatasan infrastruktur telekomunikasi terrestrial.

Wujud HAPs bisa berupa pesawat, unmanned aerial vehicle (UAV) ataupun balon udara.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved