Radiasi Nuklir

Dalam Dunia Kedokteran, Nuklir Juga Digunakan untuk CT Scan dan MRI

Tim gabungan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) pun tengah melakukan penyisiran kawasan

Dalam Dunia Kedokteran, Nuklir Juga Digunakan untuk CT Scan dan MRI
Northwestradiology.com
Mesin Magnetic Resonance Imaging (MRI) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Paparan radiasi nuklir yang mengandung zat Cesium (Cs) 137 di komplek Perumahan Batan Indah Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, saat ini memang dalam penanganan pihak yang memiliki kompetensi di bidang nuklir.

Tim gabungan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) pun tengah melakukan penyisiran kawasan yang terkontaminasi zat berbahaya tersebut.

Namun perlu diketahui, penggunaan nuklir saat ini sebenarnya sudah masuk dalam keseharian masyarakat, satu diantaranya dalam dunia pengobatan atau kedokteran.

Penggunaan teknologi satu ini digunakan dalam pengobatan pasien yang memiliki riwayat penyakit khusus.

Sejumlah pasien tentunya sudah tidak asing dengan teknologi pengobatan seperti Computed Tomography (CT) Scan dan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Baca: Belajar dari Bencana Radiasi Nuklir Cesium 137 Brazil, Satu Tahun Setelah Chernobyl

Baca: Batan Lakukan Pembersihan di Daerah Terpapar Radiasi Nuklir, Warga Diminta Tak Panik

Dikutip dari laman explorehealthcareers.org, Senin (17/2/2020), profesi sebagai Ahli Teknologi Kedokteran Nuklir saat ini sangat dibutuhkan karena ia merupakan seorang profesional yang mampu memberikan perawatan secara 'sangat khusus' bagi para pasien.

Kedokteran nuklir ini menggabungkan sejumlah hal seperti pencitraan, perawatan pasien, kimia, fisika, matematika, teknologi komputer serta kedokteran

Dalam prosesnya, teknologi tersebut akan menyiapkan dan mengelola sejumlah kecil zat radioaktif yang disebut radiofarmasi serta obat-obatan lainnya bagi pasien untuk tahapan diagnosis dan perawatan.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved