Breaking News:

Bukan Jamur Enoki, Bakteri Listeria Monocytogenes Pertama Kali Ditemukan di dalam Hewan Ini

Ahli Mikrobiologi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr Umi Fatmawati, S Pd, M Si membeberkan sejumlah fakta menarik Listeria monocytogenes

Dok Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM - Nama bakteria Listeria monocytogenes belakangan ini menjadi bahan perbincangan masyarakat di Indonesia.

Hal tersebut buntut dari laporan Badan Obat dan Makanan AS (FDA) menyebut adanya jamur enoki yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Lembaga di bawah Pemerintahan Federal Amerika Serikat itu, menjelaskan jamur enoki terkontaminasi bakteri berasal dari perusahaan makanan Sun Hong Foods, Korea Selatan.

Diketahui bakteri Listeria monocytogenes menyebabkan penyakit berbahaya bernama Listeriosis.

Ahli Mikrobiologi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr Umi Fatmawati, S Pd, M Si membeberkan sejumlah fakta menarik terkait bakteri satu ini.

Ahli Mikrobiologi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr Umi Fatmawati, S Pd, M Si (Dok Tribunnews)

Umi menjelaskan bakteri Listeria monocytogenes pertama kali diisolasi pada tahun 1924 oleh peneliti bernama Murray.

Faktanya bakteri ini pertamakali tidak ditemukan di tumbuhan jamur, melainkan dari dalam tubuh hewan.

Kala itu Murray mengamati Listeria monocytogenes dari sampel darah kelinci.

Ketika itu, bakteri ini belum disebut Listeria monocytogenes, namun menggunakan penamaan Bacterium monocytogenes.

"Baru tahun 1940 diganti menjadi Listeria monocytogenes untuk menghormati penemu teknik aseptis pertama kali, Joseph Lister," kata Umi kepada Tribunnews, Jumat (26/6/2020).

Baca: Kronologi Kementan RI Terima Laporan Kontaminasi Bakteri Listeria dan Musnahkan 8 Ton Jamur Enoki

Bentuk bakteri literia
Bentuk bakteri Listeria monocytogenes (embiodiagnostics.eu)
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.