Breaking News:

Bakteri Listeria

Ahli Mikrobiologi Ungkap Fakta Bakteri Listeria, Bersifat Patogenik Saat Menempel Pada Jamur Enoki

Kolase Tribunnews (www.fda.gov dan https://www.freepik.com)
Fakta-fakta Bakteri Listeria, Mulai dari Mana Asalnya hingga Gejala yang Bisa Ditimbulkan

TRIBUNNEWS.COM - Namanya menjadi populer dan diperbincangkan akhir-akhir ini. Seperti apa fakta bakteria listeria monocytogenes?

Belakangan bakteria Listeria monocytogenes dilaporkan Badan Obat dan Makanan AS (FDA) mengontaminasi jamur enoki.

Lembaga di bawah Pemerintahan Federal Amerika Serikat itu, menjelaskan jamur enoki terkontaminasi bakteri berasal dari perusahaan makanan Sun Hong Foods, Korea Selatan.

Diketahui bakteri Listeria monocytogenes menyebabkan penyakit berbahaya bernama Listeriosis.

Seperti apa bakteria Listeria monocytogenes ini? Ahli Mikrobiologi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr Umi Fatmawati, S Pd, M Si membeberkan sejumlah faktanya.

Ilustrasi kelinci di rumah.
Ilustrasi kelinci di rumah. (pets4homes.co.uk)

Pertama Ditemukan Pada Kelinci

Baca: 6 Daftar Makanan Rawan Tertempel Bakteri Listeria: Jamur Enoki, Ikan Asap, Melon hingga Susu Mentah

Umi menjelaskan bakteri Listeria monocytogenes pertama kali diisolasi pada tahun 1924 oleh peneliti bernama Murray.

Faktanya bakteri ini pertamakali tidak ditemukan di tumbuhan jamur, melainkan dari dalam tubuh hewan.

Kala itu Murray mengamati Listeria monocytogenes dari sampel darah kelinci.

Ketika itu, bakteri ini belum disebut Listeria monocytogenes, namun menggunakan penamaan Bacterium monocytogenes.

Editor: Anita K Wardhani

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.