Breaking News:

Siap-Siap! Tanggal 20 Juli, Komet Neowise Lewati Bumi, Begini Cara Lihatnya

Komet Neowise diperkirakan akan melintasi bumi, khususnya langit Indonesia pada 20 Juli ini.

Credit: NASA/Bill Dunford via NASA SOLAR SYSTEM EXPLORATION
Penampakan Komet Neowise pada 7 Juli 2020

TRIBUNNEWS.COM - Komet Neowise diperkirakan akan melintasi bumi, khususnya langit Indonesia pada Senin (20/7/2020) mendatang.

Astronom amatir, Marufin Sudibyo mengatakan, komet Neowise menarik disaksikan karena baru ditemukan pada akhir Maret 2020.

"Namun pada magnitude (keterangan) yang terus menurun," jelas Marufin dikutip dari Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Menurut Science Alert, NASA menemukan komet Neowise (Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer) pada 27 Maret.

Lalu pada 3 Juli ini, komet Neowise mencapai perihelion (titik terdekat ke Matahari dalam orbitnya).

Sekarang komet Neowise telah memulai perjalanannya yang lambat dan panjang kembali ke daerah luar Tata Surya.

Komet Neowise mulai bergerak menjauh dari Matahari dan sekarang sedang menuju Bumi dengan pendekatan terdekatnya terjadi pada 22 Juli.

Mungkin Akan Menjadi Komet Paling Terang

Dikutip dari National Geographic, para astronom mengatakan, komet Neowise mungkin akan menjadi komet paling terang yang akan terlihat di langit selama lebih dari satu dekade.

Sebenarnya dengan bantuan teknologi, saat ini bukan hal yang sulit melihat komet dengan mata telanjang.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.