Apa Itu Solstis Desember? Ini Durasi Siang di Indonesia Ketika Solstis Desember

Solstis Desember adalah fenomena ketika Matahari berada paling selatan dari ekuator ketika tengah hari. Lihat durasi siang di Indonesia.

LAPAN
Solstis Desember adalah fenomena ketika Matahari berada paling selatan dari ekuator ketika tengah hari. Lihat durasi siang di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Solstis Desember atau Titik Balik Matahari di Bulan Desember adalah fenomena ketika Matahari berada paling selatan dari ekuator ketika tengah hari.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Ristek dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, Solstis Desember umumnya terjadi antara tanggal 20-21 Desember dan bergeser dalam waktu ratusan hingga ribuan tahun.

Pergeseran ini disebabkan oleh presesi apsidal, yakni bergesernya titik perihelion Bumi (titik terdekat Bumi dari Matahari) terhadap titik pertama Aries/Hamal.

Solstis Desember
Solstis Desember (LAPAN)

Baca juga: Fenomena Bulan Purnama Mikro akan Terjadi 19 Desember 2021, Ini Jadwalnya

Setiap harinya, Bumi berotasi pada sumbunya selama 23 jam 56 menit 4 detik dari Barat ke Timur berlawanan arah jarum jam.

Selain berotasi, Bumi juga turut berevolusi atau mengelilingi Matahari selama kurang lebih 365,24 hari.

Ketika Bumi mengelilingi Matahari, Bumi juga melakukan rotasi dengan kemiringan sumbu 66,5 derajat terhadap bidang edar atau orbit Bumi (disebut ekliptika) atau 23,5 derajat terhadap sumbu kutub langit Utara (yakni bidang yang tegak lurus terhadap ekliptika).

Hal inilah yang menyebabkan posisi Matahari tidak selalu berada di ekuatr ketika tengah hari melainkan berada di sebelah utara maupun selatan Ekuator.

Adapun garis lintang yang mana Matahari berada tepat di atas kepala ketika Solstis Desember disebut sebagai Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn), terletak di 23,4 derajat Lintang Selatan.

Ketika Solstis Desember, belahan Bumi Selatan akan lebih condong dan lebih dekat ke arah Matahari.

Sehingga radiasi Matahari yang diterima lebih besar dan lebih lama dibandingkan dengan belahan Bumi Utara untuk waktu yang sama.

Dengan demikian durasi siang untuk belahan Bumi Selatan ketika Solstis Desember akan lebih lama dibandingkan dengan belahan Utara.

Durasi Siang Ketika Solstis Desember di Indonesia

1. Kupang = 12,75 jam

2. Pulau Jawa = 12,55 - 12,45 jam

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved