Para Ilmuwan Sebut Gunung Berapi Es Raksasa Teridentifikasi di Pluto

Para ilmuwan menemukan medan bergelombang yang aneh di Pluto, menunjukkan gunung berapi es raksasa aktif di planet itu.

Smithsonian/NASA/JHUAPL/SwRI
Penampakan Wright Mons, yang dikatakan kemungkinan adalah gunung berapi es, di Pluto. - Ilmuwan temukan gunung berapi es raksasa aktif relatif baru di Pluto. 

TRIBUNNEWS.COM - Para ilmuwan menemukan medan bergelombang yang aneh di Pluto, tidak seperti yang diamati di tata surya sebelumnya, Selasa (29/3/2022).

Penemuan tersebut menunjukkan bahwa gunung berapi es raksasa aktif relatif baru di planet itu.

Pengamatan, yang dilakukan dengan menganalisis gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa New Horizons NASA, menunjukkan bahwa interior Pluto lebih panas dari yang diperkirakan sebelumnya, menurut sebuah studi baru di jurnal Nature Communications.

Alih-alih menembakkan lava ke udara, gunung berapi es mengeluarkan campuran air es yang lebih kental dan cair atau bahkan mungkin aliran padat seperti gletser, kata Kelsi Singer, penulis studi dan ilmuwan planet di Colorado's Southwest Research Institute.

Mengutip CNA, gunung berapi es sudah diperkirakan berada di beberapa bulan dingin di tata surya, tetapi Pluto "terlihat sangat berbeda dari apa pun yang pernah kita lihat," kata Singer kepada AFP.

"Fitur di Pluto adalah satu-satunya bidang luas gunung berapi es yang sangat besar dan mereka memiliki tekstur medan bergelombang yang unik," jelasnya.

Baca juga: Dugaan Peneliti Meleset, Danau Tersembunyi di Planet Mars Tidak Ada Airnya, Ternyata Ini Isinya

Baca juga: SpaceX Siap Luncurkan Penerbangan Orbit Starship Pertama di Bulan Mei

Singer mengatakan sulit untuk menentukan dengan tepat kapan gunung berapi es terbentuk.

"Tetapi kami percaya mereka bisa semuda beberapa ratus juta tahun atau bahkan lebih muda," ungkapnya.

Tidak seperti kebanyakan medan di Pluto, wilayah tersebut tidak memiliki kawah tumbukan, yang berarti bahwa itu masih dalam proses pembentukan bahkan sampai hari ini, tambahnya.

Temuan Signifikan

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved