Cara Kecoak Selamat Dari Hantaman Asteroid ke Bumi yang Menyebabkan Dinosaurus Punah

Meskipun bentuknya kecil, binatang ini justru selamat dari hantaman asteroid raksasa ke bumi yang menyebabkan binatang besar lainnya punah.

Editor: Hendra Gunawan
Intisari Online - Grid.ID
Kecoak 

TRIBUNNEWS.COM -- Kecoak merupakan salah satu hewan yang telah ada sejak zaman dinosaurus puluhan juta tahun yang lalu.

Meskipun bentuknya kecil, binatang ini justru selamat dari hantaman asteroid raksasa ke bumi yang menyebabkan binatang besar lainnya punah.

Peristiwa hantaman asteroid tersebut menjadi penyebab kepunahan massa yang memusnahkan banyak makhluk hidup, salah satunya dinosaurus.

Hal ini pun akhirnya membuat beberapa orang bertanya-tanya bagaimana cara kecoak melindungi diri, saat terjadinya tumbukan batuan luar angkasa 66 juta tahun yang lalu itu.

Baca juga: NASA: Asteroid Berukuran Lebih Besar dari Dua Patung Liberty Sedang Dekati Bumi

Jadi bagaimana kecoak bertahan dari hantaman asteroid raksasa itu? Dilansir dari Live Science, Senin (4/4/2022) ketika batuan yang disebut Chicxulub jatuh dari luar angkasa dan menghantam Bumi, kecoa diketahui hidup di sana.

Kecoa juga merupakan salah satu hewan yang bertahan dari fenomena yang memusnahkan tiga perempat tumbuhan, dan hewan di Bumi mati termasuk dinosaurus.

Cara kecoak bertahan hidup, menurut peneliti pascadoktoral di West Virginia University, Brian Lovett, karena kecoak memilki bentuk tubuh yang sangat baik untuk bertahan hidup, bahkan ketika bencana meteor terjadi sekalipun.

"Jika Anda pernah melihat kecoa, Anda mungkin memperhatikan bahwa tubuh mereka sangat rata. Ini bukan sebuah kebetulan," ungkap Lovett.

Baca juga: 4660 Nereus, Asteroid dengan Panjang 330 Meter akan Memasuki Orbit Bumi pada 11 Desember 2021

Serangga yang memiliki tubuh lebih rata ini, kata dia, dapat menekan dirinya ke tempat yang lebih sempit.

Dengan demikian, kecoak bisa bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau dan membantunya bertahan dari dampak hantaman Chicxulub, asteroid penyebab kepunahan massal yang musnahkan dinosaurus.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved