Teleskop Hubble Temukan Komet Terbesar di Tata Surya, Terbang Menuju Matahari

(Man-To Hui, David Jewitt/NASA)
Para astronom mengonfirmasi temuan komet Bernardinelli-Bernstein, yang disebut sebagai komet terbesar yang pernah diamati.

TRIBUNNEWS.COM -- Sebuah komet raksasa terdeteksi oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Komet ini disebut-sebut memiliki inti komet terbesar yang pernah diamati.

Dalam pengamatan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA melalui teleskop tersebut, terlihat komet yang sedang terbang menuju Matahari.

Dalam studi yang dipublikasikan di The Astrophysical Journal Letters tahun 2022, para astronom mengonfirmasi keberadaan komet yang disebut C/2014 UN271 atau Bernardinelli-Bernstein itu.

Baca juga: Mengenal Sistem Tata Surya: Matahari, Planet Dalam, Planet Luar, Komet, Meteoroid, dan Asteroid

Seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (13/4/2022) ukuran komet diklaim 50 kali lebih besar dari rata-rata komet.

Sementara untuk lebarnya hampir 140 kilometer, yang membuatnya dikenal sebagai komet raksasa.

"Komet ini benar-benar puncak gunung es bagi ribuan komet yang terlalu redup untuk dilihat di bagian Tata Surya yang lebih jauh," ujar astronom di University of California, Los Angeles (UCLA), David Jewitt.

"Kami selalu menduga komet ini pasti besar, karena sangat terang pada jarak yang begitu jauh. Sekarang kami memastikan (dugaan tersebut)," sambung dia.

Baca juga: NASA: Asteroid Berukuran Lebih Besar dari Dua Patung Liberty Sedang Dekati Bumi

Berdasarkan studi yang dipimpin Man-To Hui dari Macau University of Science and Technology, komet Bernardinelli-Bernstein berasal dari awan oort.

Awan ini merupakan material berbentuk bola dari benda-benda es di sekitar Matahari. Komet itu juga dijuluki sebagai "bola salju kotor" lantaran terdiri dari material batu, serta puing-puing lainnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.