Fenomena Astronomis Bulan Purnama Pink Moon, Minggu Dini Hari Jadi Waktu yang Tepat untuk Mengamati

Salah satu fenomena astronomis yang disebut Bulan Merah Muda atau Pink Moon akan menerangi langit sepanjang akhir pekan ini.

Pixabay/_freakwave_
Ilustrasi - Bulan Purnama Perige Super Pink Moon 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu fenomena astronomis yang disebut Bulan Merah Muda atau Pink Moon akan menerangi langit sepanjang akhir pekan ini.

Fenomena Bulan Purnama, Supermoon biasa dikenal dengan Super Pink Moon, Sprouting Grass Moon, Growing Moon, dan Egg-Egg.

Menurut NASA, fenomena Pink Moon akan muncul penuh dari Jumat pagi hingga Senin pagi.

Mengutip dari timeanddate.com, puncak dari fenomena bulan purnama pink ini akan terjadi di Indonesia pada Minggu (17/4/2022) dini hari.

Lalu kapan waktu terbaik untuk menyaksikan Pink Moon?

Baca juga: 7 Fenomena Astronomi di Bulan Ramadhan 2022: Ada Hujan Meteor Lyrid

Baca juga: Jokowi: Fenomena Perubahan Iklim Semakin Nyata

Waktu Terbaik Menyaksikan Pink Moon di Indonesia

Mengutip dari Kompas.com, astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengatakan, oposisi Bulan terjadi manakala kedudukan Bulan berlawanan arah terhadap kedudukan Matahari dilihat dari Bumi.

Sehingga Bulan akan terlihat sepanjang malam.

“Dalam tataran teknis, malam Bulan purnama adalah malam di mana terbenamnya Matahari hampir bersamaan waktunya dengan terbitnya Bulan dan sebaliknya terbitnya Matahari juga hampir bersamaan waktunya dengan terbenamnya Bulan,” terang Marufin kepada Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

Marufin juga menjelaskan, berdasarkan perhitungan, fenomena Bulan Pink ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia pada Minggu, 17 April 2022 pukul 01.58 WIB.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved