Spesies Baru Si Kaki Seribu Ini Dinamakan Taylor Swift

Namun nama pasangan artis Joe Alwin itu diabadikan sebagai nama spesies baru kaki seribu yang ditemukan oleh peneliti.

Editor: Hendra Gunawan
sci-news.com
Kaki seribu cakar bengkok yang diberi nama latin Nannaria swiftae 

TRIBUNNEWS.COM -- Bukan karena prestasi barunya di dunia hiburan, penyanyi dan penulis lagu Taylor Swift mendapatkan penghargaan baru.

Namun nama pasangan artis Joe Alwin itu diabadikan sebagai nama spesies baru kaki seribu yang ditemukan oleh peneliti.

Kaki seribu cakar bengkok yang diberi nama latin Nannaria swiftae ini bergabung dengan 16 spesies baru lainnya yang ditemukan di Pegunungan Appalachian di Amerika Serikat.

Invertebrata yang kurang dikenal ini sebenarnya punya peran berharga dalam ekosistem. Kaki seribu akan memecah serasah daun dan kemudian melepaskan nutrisinya ke dalam ekosistem.

Baca juga: Apa Itu Terapi Lintah? Ini Manfaat untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Hewan ini hidup di lantai hutan, di mana mereka memakan daun yang membusuk serta tanaman lainnya.

Pada kenyataannya, kaki seribu tak mudah ditangkap karena mereka cenderung bersembunyi di dalam tanah, meski kadang-kadang berada di permukaan.

Dikutip dari Eureka Alert, Selasa (19/4/2022) ilmuwan Derek Hennen, Jackson Means, dan Paul Marek dari Virginia Tech mendeskripsikan spesies baru temuan mereka ini dalam makalah penelitian yang dipublikasikan di jurnal akses terbuka ZooKeys.

Para ilmuwan lama menduga bahwa kaki seribu cakar bengkok memiliki spesies baru.

Untuk mengetahuinya, para peneliti kemudian memulai proyek untuk mengumpulkan spesimen baru di seluruh Amerika Serikat bagian timur.

Baca juga: Hari Ini Diprediksi Terjadi Badai Matahari, Apa Saja yang Bakal Terjadi Pada Bumi?

Mereka melakukan perjalanan ke 17 negara bagian AS, memeriksa di bawah serasah daun, batu, dan batang kayu untuk menemukan spesies sehingga mereka dapat mengurutkan DNA mereka dan mendeskripsikannya secara ilmiah.

Dari 1800 spesimen yang dikumpulkan dalam studi lapangan serta koleksi universitas dan museum, peneliti akhirnya menemukan ada 17 spesies baru.

Peneliti menemukan pula, bahwa kaki seribu suka tinggal di habitat hutan di dekat sungai dan sering ditemukan terkubur di bawah tanah, menunjukkan perilaku yang lebih samar daripada kerabatnya. (Kontributor Sains, Monika Novena/Bestari Kumala Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ilmuwan Temukan Spesies Baru Kaki Seribu, Dinamai Taylor Swift"

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved