Selain Lewat Siulan, Lumba-lumba Hidung Botol Mengenali Kawanannya Juga Melalui Urine

Peneliti menyebut bahwa lumba-lumba hidung botol mengenali teman mereka dari kejauhan melalui rasa urine dan juga siulan khasnya.

Editor: Hendra Gunawan
Flickr/Pedro Madruga
Ilustrasi lumba-lumba hidung botol, Kamis (15/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tahukah Anda, bagaimana cara ikan lumba-lumba hidung botol mengenali kawan-kawan mereka?

Ternyata mereka mengenali kawanannya dengan cara yang unik, yaitu lewat cairan dan siulannya.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Science Advances, mengungkapkan fakta menarik mengenai cara lumba-lumba hidung botol ini mengetahui keberadaan sang teman.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (20/5/2022) peneliti menyebut bahwa lumba-lumba hidung botol mengenali teman mereka dari kejauhan melalui rasa urine dan juga siulan khasnya.

Baca juga: Sebabkan Punahnya Dinosaurus, Seberapa Besar Asteroid yang Menghantam Bumi?

"Lumba-lumba menjaga mulutnya tetap terbuka dan mengambil sampel urine lebih lama dari lumba-lumba yang dikenalnya daripada yang tak dikenalnya," tulis Jason Bruck, penulis pertama studi dari Stephen F. Austin State University di Texas.

Temuan ini pun menjadi hal yang penting, karena menjadi bukti vertebrata pertama yang melakukan pengenalan sosial melalui indera perasa.

Menurut peneliti penggunaan rasa bisa sangat bermanfaat di laut terbuka, karena gumpalan urine bertahan beberapa saat setelah seekor hewan pergi.

Baca juga: Ilmuwan China Temukan Fosil Mengandung DNA, Terbuka Peluang Kloning Dinosaurus

Hal tersebut membantu lumba-lumba mengetahui kehadiran individu lain, meski tak memberikan sinyal kehadirannya secara vokal.

Dalam studi ini, tim peneliti memberikan delapan lumba-lumba dengan paparan sampel urine dari individu yang dikenal dan tak dikenal.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka menghabiskan waktu sekitar tiga kali lebih lama untuk mengambil sampel urine dari lumba-lumba yang mereka kenal.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved