Penemuan Planet Mirip Bumi Berjarak 50 Tahun Cahaya, Ada Penghuninya?

Planet berbatu dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya ditemukan oleh teleskop luar angkasa James Webb.

Editor: Hendra Gunawan
NASA
Teleskop luar angkasa NASA, James Webb Space Telescope (JWST) 

TRIBUNNEWS.COM -- Planet berbatu dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya ditemukan oleh teleskop luar angkasa James Webb.

Planet aneh ini diduga memiliki kesamaan dengan bumi dan terus dipelajari dari teleskop tersebut.

Target studi teleskop ini adalah dua 'Bumi Super', exoplanet mirip Bumi. Konsorsium ilmiah teleskop memiliki agenda mempelajari geologi di planet-planet kecil tersebut, dengan jarak dari 50 tahun cahaya.

Menurut para ilmuwan, seperti dikutip dari Space, Kamis (2/6/2022) pekerjaan baru ini akan menjadi sesuatu yang besar bagi observatorium, yang akan keluar dari commissioning dalam beberapa minggu ke depan.

Planet berbatu lebih sulit dilihat dibandingkan gas raksasa dalam teknologi teleskop saat ini.

Baca juga: Lubang di Planet Mars Menyerupai Pintu, Benarkah Buatan Aliens?

Hal tersebut dikarenakan kecerahan relatif planet yang lebih kecil di sebelah bintang dan ukurannya yang relatif kecil.

Namun, cermin kuat teleskop James Webb dan lokasi luar angkasa seharusnya memungkinkannya untuk memeriksa dua planet yang sedikit lebih besar dari Bumi, yang dikenal sebagai "Bumi Super."

Seperti diketahui, tak satu pun dari dunia ini yang dapat dihuni, tapi pembuktiannya masih bisa dilakukan dengan penyelidikan untuk studi mendalam di masa depan.

Dua planet mirip Bumi di luar Tata Surya yang disorot dalam penelitian yang akan dilakukan Teleskop Luar Angkasa James Webb ini termasuk 55 Cancri e yang sangat panas dan tertutup lava serta LHS 3844 b yang tidak memiliki atmosfer substansial.

Sebagai informasi, 55 Cancri e mengorbit bintang induknya pada jarak 1,5 juta mil (2,4 juta km), sekitar empat persen dari jarak relatif antara Merkurius dan matahari.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved