Sesar Baribis Bisa Picu Gempa di Jakarta, Simak Langkah Mitigasi Gempa Bumi dari BMKG

Sesar Baribis di barat laut Jawa terdeteksi aktif. Jakarta bisa terancam gempa bumi di masa depan. Simak langkah Mitigasi Gempa Bumi dari BMKG.

Editor: Sri Juliati
Geoscience Letters
Sesar Baribis di barat laut Jawa terdeteksi aktif. Jakarta bisa terancam gempa bumi di masa depan. Simak langkah Mitigasi Gempa Bumi dari BMKG. 

TRIBUNNEWS.COM - Sesar Baribis yang berada di selatan DKI Jakarta bisa memicu gempa bumi yang melanda Jakarta.

Hal ini membuat masyarakat wajib mengetahui serangkaian upaya mitigasi untuk mengurangi risiko bencana, terutama akibat gempa.

Diketahui, penelitian dari tim ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkap Sesar Baribis di barat laut Jawa mungkin aktif.

Jakarta Selatan dan sekitarnya disebutkan rentan terjadi gempa bumi yang besar di masa depan, dikutip dari Geoscience Letters.

Sesar atau patahan secara geologi adalah bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif (displacement) satu blok terhadap blok batuan lainnya, menurut ESDM Provinsi Lampung.

Secara umum, sesar atau patahan dapat terbentuk akibat adanya gaya pada batuan hingga tidak mampu lagi menahan Gaya tersebut.

Baca juga: Di Mana Lokasi Sesar Baribis? Ini Wilayah yang Berpotensi Gempa Akibat Sesar Baribis

Daerah dengan sesar yang masih aktif bergerak merupakan daerah yang rawan akan gempa bumi.

Untuk mengurangi dampak negatif gempa bumi, pemerintah Indonesia membangun Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Indonesia Tsunami Early Warning System/Ina-TEWS) untuk memberi peringatan tsunami dan gempabumi, dikutip dari laman Ina-TEWS.

Berikut ini langkah mitigasi bencana gempabumi.

Sebelum Terjadi Gempabumi

Kerusakan akibat Gempa Bumi di NTT
Kerusakan akibat Gempa Bumi di NTT (FB Daryono BMKG)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved