Elon Musk Lanjutkan Proyek Implan Chip ke Otak Manusia, Gaet Perusahaan Teknologi Synchron

Elon Musk berambisi bisa melakukan pencangkokan chip ke pasien lumpuh agar dapat mengoperasikan perangkat digital hanya melalui pikiran mereka.

Mashable India
Elon Musk berambisi menjalin kerjasama dengan perusahaan chip Synchron Inc. untuk proyek transplantasi chip ke otak manusia. Dia berambisi bisa melakukan pencangkokan chip bagi para pasien lumpuh agar dapat mengoperasikan perangkat digital hanya melalui pikiran mereka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.CALIFORNIA – Miliarder kondang Elon Musk siap menggelontorkan dana untuk melanjutkan ambisinya di proyek implan chip pada otak manusia. Untuk menjalankan ambisinya ini Elon Musk bekerja sama dengan perusahaan pengembang implan chip otak Synchron Inc.

Elon Musk Sabtu kemarin (20/8/2022) dilaporkan telah menghubungi pendiri sekaligus CEO Synchron Inc., Thomas Oxley, selama beberapa minggu terakhir. Namun kesepakatan antara kedua pihak masih jauh dari kata selesai.

Langkah yang diambil Elon Musk diperkirakan dapat membantu perusahaan neuro teknologinya, yaitu Neuralink mengeksplorasi pembuatan implan chip otak pada manusia.

Sebelum Elon Musk mengajukan kerjasama dengan Synchron Inc, pengembang chip Neuralink diketahui telah beberapa menunda uji coba chip otak neuroteknologi lantaran perusahaan ini tidak kunjung mendapatkan kejelasan izin dari Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA).

Hal itu membuat teknologi Neuralink tertinggal jauh dari pengembang chip lainnya.

Elon Musk kemudian kepincut menggandeng  Synchron Inc yang berbasis di New York untuk melakukan kolaborasi uji coba implan otak pada manusia.

Mengutip dari Reuters, dipilihnya Synchron sebagai mitra bukan tanpa alasan.

Synchron  didirikan pada tahun 2016 dan sejauh ini dinilai telah sukses mengembangkan implan otak paling efektif.

Baca juga: Elon Musk Mengklaim Chip Neuralink Mampu Tingkatkan Kemampuan Otak Manusia

Perusahaan chip ini hanya memiliki 60 karyawan dan hanya mampu mengumpulkan sekitar 65 juta dolar AS per tahun dari para investor.

Namun berkat kehebatan Synchron Inc dalam menciptakan chip otak, perusahaan ini sukses mengantongi izin resmi dari FDA untuk  mengoperasikan pemasangan chip otak ke manusia.

Baca juga: Elon Musk Dilaporkan Punya Anak Kembar dengan Karyawannya di Neuralink

Inilah yang membuat Elon Musk ingin agar anak perusahaannya Neuralink bisa berkolaborasi dengan Synchron, untuk mengembangkan pencangkokan chip bagi para pasien lumpuh agar dapat mengoperasikan perangkat digital hanya dengan pikiran mereka sendiri.

Baca juga: Presiden Neuralink Mundur, Akibat Selisih Paham dengan Elon Musk?

Sebelum Musk memilih Synchron, pada 2020 lalu dia sempat menghubungi perusahaan chip otak Paradromics Inc untuk berdiskusi terkait kerjasama pengembangan chip.

Namun kerjasama tersebut terputus dan tak dilanjutkan lagi. Hingga akhirnya Neuralink memilih berkolaborasi dengan Synchron.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved