Olahraga Renang Efektif Membakar Lemak

Olahraga renang bisa dikatakan efektif membakar lemak tubuh. Selain itu, bagi sebagian orang, aktivitas renang juga seru dan menyenangkan.

Olahraga Renang Efektif Membakar Lemak
Wartakota/Feri Setiawan
Perenang asal Jawa Barat, Triady Fauzi Sidiq saat turun di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra pada Festival Akuatik Indonesia 2019 dengan cacatan waktu 00.55.00 di Aquatic Center, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (25/4/2019) Warta Kota/Feri Setiawan 

TRIBUNNEWS.COM - Olahraga renang bisa dikatakan efektif membakar lemak tubuh. Selain itu, bagi sebagian orang, aktivitas renang juga seru dan menyenangkan.

Sama seperti olahraga aerobik lainnya, ketika renang kita akan menggunakan baik lemak maupun karbohidrat untuk diubah menjadi energi.

Pola makan juga merupakan faktor krusial yang dibutuhkan ketika ingin menurunkan berat badan.

Sehingga untuk memaksimalkan pembakaran lemak, pastikan kita juga menerapkan pola makan bersih dan menjaga asupan kalori.

Baca: 7 Gerakan Olahraga Mudah untuk Musnahkan Lemak Perut

Demikian penuturan Ahli gizi olahraga dan pelatih triathlon, Cindy Dallow seperti dikutip dari laman Popsugar.com.

Dia menyebut, intensitas dan frekuensi olahraga juga membantu untuk mencapai target berat badan lebih cepat.

Dallow juga mengungkapkan, semakin lambat kecepatan renang, akan semakin tinggi persentase kalori yang dibakar dari lemak.

Namun, ketika kita berenang dengan kecepatan tinggi, kita menggunakan lebih banyak kalori total dari tubuh.

"Jadi, secara teknis berenang lebih cepat akan membantu menurunkan berat badan lebih besar daripada berenang lambat," kata Dallow.

Dallow merekomendasikan untuk menyertakan latihan renang dengan interval intensitas tinggi untuk membakar lebih banyak lemak.

Sementara untuk frekuensi latihan, sebuah studi menemukan, perempuan yang berenang selama 60 menit dalam tiga kali seminggu bisa menurunkan lemk tubuh secara signifikan dalam 12 minggu.

Namun, Dallow tetap menekankan, efeknya bisa bervariasi pada setiap individu.

"Perempuan yang berenang sedikitnya empat hari seminggu dengan durasi 45 menit (dua hari di antaranya interval tinggi) bisa membakar lebih banyak lemak tubuh daripada mereka yang jarang berenang atau berenang dengan kecepatan konstan di setiap sesi," kata Dallow.

Nah, bagi kamu yang suka berenang, sesi renang akan semakin menyenangkan karena kita bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal dari hobi kita itu, lho.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Efektif Bakar Lemak dengan Berenang, Yuk...

Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved