Tes DNA Ungkap Hanya Punya 3,4 Persen Gen Arab, Najwa Shihab: Keturunannya Banyak, 10

Najwa Shihab merasa kaget dengan hasil tes DNA-nya. Selama ini Jurnalis ini dikenal sebagai warga Indonesia keturunan Arab.

Tes DNA Ungkap Hanya Punya 3,4 Persen Gen Arab, Najwa Shihab: Keturunannya Banyak, 10
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Najwa Shihab. Gen China Najwa Shihab Ternyata Lebih Tinggi Dibanding Gen Arabnya, Juga Punya Gen Puerto Rico. 

TRIBUNNEWS.COM - Najwa Shihab merasa kaget dengan hasil tes DNA-nya. Selama ini  Jurnalis ini dikenal sebagai warga Indonesia keturunan Arab.

Hasil tes DNA Najwa mengejutkan. Gen Arab yang dimiliki Najwa hanya 3,4 persen.

Perempuan kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini justru punya 10 fragmen DNA dari 10 leluhur yang berbeda.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia.

"Yang mengejutkan (dari hasil tes DNA) bahwa bagian Arab-nya hanya 3 persen kan gitu, padahal dari dulu mengidentifikasikan diri kalau dianggap keturunan ya keturunan Arab," ucap Najwa Shihab kepada Kompas.com via telepon, Kamis (17/10/2019).

"Tapi sekarang keturunan apa ya, haduh banyak, keturunannya ada 10," tambah Najwa.

Hasil penelitian memperlihatkan Najwa memiliki fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

Komposisinya sebesar 48,54 persen South Asian, North African 26,81 persen, African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen.

Namun putri cendekiawan Muslim Quraish Shihab itu tidak merasa heran memiliki fragmen DNA dari banyak bangsa.

"Karena saya tahu moyang saya berasal dari Hadramaut (Yaman) dan Habib Ali itu ayahnya kakeknya Abi (Quraish Shihab). Jadi saya garis keturunan keempat, dari Hadramaut yang kebanyakan seorang pedagang, seorang pendakwah juga jadi memang berkeliling," lanjut Najwa.

Halaman
123
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved