Breaking News:

LMK KCI Bakal Distribusikan Royalti Kepada Pemilik Hak Cipta di Bidang Musik

Karya Cipta Indonesia (KCI) mulai hari Senin tanggal 6 April 2020 akan mendistribusikan royalti kepada para Pemilik Hak Cipta maupun ahli waris

dok pribadi
Dharma Oratmangun (Ketua Umum KCI) dan H.Enteng Tanamal (Ketua Badan Pembina KCI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Karya Cipta Indonesia (KCI) yang mengelola Hak Cipta Performing Right bagi para pencipta lagu, mulai hari Senin tanggal 6 April 2020 akan mendistribusikan royalti kepada para Pemilik Hak Cipta maupun ahli waris di bidang musik yang memberi kuasa kepada LMK KCI.

Jika pada tahun tahun sebelumnya pembagian royalty diberikan langsung dengan cara mendatangi kantor KCI sekaligus silaturahmi, namun kali ini pembagian royalti akan dilakukan dengan cara transfer perbankan.

Keputusan ini diambil setelah para petinggi KCI yang terdiri H. Enteng Tanamal (Pembina KCI), Dharma Oratmangun (Ketua Umum KCI) Tedjo Baskoro (Sekjen KCI) serta Slamet Adriyadie (Bendahara KCI) melakukan rapat koordinasi.

Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa pendistribusian Royalti yang biasanya dilaksanakan pada bulan Juni-Juli, namun karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pimpinan serta manajemen KCI, maka royalty dibagikan pada bulan April. Adapun hal hal tersebut antara lain :

Adanya pengetatan dan perampingan KCI maupun sistem perwakilan yang semakin efektif dan efisien sehingga mempermudah gerak manajemen untuk melakukan kontroling serta manuver yang tepat sasaran.

Menjemput sistim ‘one gate collecting’ (Manajemen Satu Pintu) yang dirancang bersama antara LMK dengan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), dimana KCI selaku LMK pertama di Indonesia sejak tahun 1990 senantiasa melakukan berbagai inovasi dan sumbangsih pemikiran sesuai pengalamannya dalam hal Kolekting Manajemen di bidang Performing Rights (Hak Mengumumkan) di Indonesia.

Pimpinan serta Manajemen KCI menaruh perhatian penuh terhadap kondisi Pandemi COVID-19 yang tengah melanda Indonesia dan Dunia, hal ini berpengaruh terhadap kondisi perekonomian bangsa yang berimbas juga kepada income para pekerja musik khususnya Para Pencipta Lagu (Pemilik Hak Cipta) dan keluarganya.

Pendistribusian Royalty ini berlangsung untuk Para Pemberi Kuasa di seluruh Indonesia, oleh sebab itu semua Kantor Perwakilan KCI di berbagai Provinsi sekarang sedang mempersiapkan hal-hal teknis yang berkaitan dengan kegiatan pendistribusian royalties ini; bahkan di beberapa perwakilan Kami mendapat laporan bahwa Perwakilan setempat akan mmengunjungi langsung di alamat Insan Musik tersebut maupun Ahli Warisnya, sekaligus mengecheck kondisi riel dan mengadakan pendataan kembali karya cipta yang belum didaftarkan sehingga dapat terdaftar dalam data base KCI.

“Besaran royalti KCI kali ini jumlahnya sekitar 4 Miliar termasuk PPH23, pendistribusiannya akan kami  lakukan dengan cara transfer antar perbankan. Hal ini selaras dengan himbauan pemerintah untuk menghindari kumpul-kumpul didalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19 maka pimpinan dan manajemen KCI memutuskan untuk mendistribusikan melalui Transfer Perbankan,” ungkap Dharma Oratmangun Selaku Ketua Umum KCI, di jakarta, pada Sabtu (4/4/2020).

Dikatakan Dharma menambahkan, kepada seluruh Pemberi Kuasa/Ahli Waris dimintakan untuk  menyampaikan Nomor Rekeningnya melalui email ke KCI: kci.cmo@gmail.com, info@kci.or.id juga WA khusus Distribusi +6281211914990 maupun via telepon (021) – 72797975, 72793357, Fax (021) 7262841, atau menyurat ke Kantor KCI Kompleks ITC Duta Mas Fatmawati Blok D1 Nomor 20, Cipete Utara – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,” tambah Dharma.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved