Breaking News:

Lewat Tes Molekular Isotermal, Hasil Swab Deteksi Covid-19 Bisa Diketahui Hitungan Menit

Tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi COVID-19 dengan performa tinggi.

abbott.com
Alat yang digunakan dengan sistem teknologi terbaru untuk pemeriksaan swab 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Oxford University’s Our World in Data merilis data tes harian per 1.000 orang menunjukkan bahwa per 17 November 2020 Indonesia telah menguji 0.12 orang per 1.000 setiap harinya selama rata-rata 7 hari.

Angka ini masih sangat kecil dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, seperti Filipina 0.25 per 1.000, Malaysia 0.55 per 1.000, dan India 0.72 per 1.000.

Sebagai menjawab permasalahan tersebut dan mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19, Siloam Hospitals menghadirkan tes molekuler isotermal di Indonesia.

Tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi COVID-19 dengan performa tinggi.

Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring.

Baca juga: Kehadiran Intibios Lab Diharapkan Tes Swab PCR Semakin Cepat dan Akurat di Jabar

Metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0% dan spesifisitas 97.9%.

Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group mengatakan, layanan tes molekuler isotermal sudah tersedia di seluruh jaringan rumah sakit kami di seluruh Indonesia.

"Dengan demikian masyarakat makin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes COVID-19 dengan performa tinggi," kata Caroline saat konferensi pers daring, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Tes Swab Antigen Halodoc Dibanderol Rp 299.000

Siloam Hospitals Group akan terus melayani dan memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tes COVID-19 yang komprehensif mulai dari tes antibodi (rapiddan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal).

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved