Breaking News:

Eksklusif Tribunnews

Namanya Masih Tenar, Andika Kangen Band, Bikin Label Babang Tamvan Record untuk Bantu Keponakan

Andika Mahesa kembali membuat dobrakan baru di industri musik Indonesia. Ia membentuk labelnya sendiri yang diberi nama Babang Tamvan Record

Tribunnews/Jeprima
Musisi dan penyanyi Andika Mahesa atau Andika Kangen Band bersama Juan Zerlinda berfoto usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2021). Andika kini tengah serius menjadi seorang produser, debutannya ini pun diwujudkannya dengan meluncurkan Babang Tamvan Records sebagai label rekaman miliknya. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah kembali bergabung bersama Kangen Band, Andika Mahesa kembali membuat dobrakan baru di industri musik Indonesia. Ia membentuk labelnya sendiri yang diberi nama Babang Tamvan Record.

Artis pertama yang ia orbitkan dalam labelnya itu adalah Juan Zerlinda, keponakannya sendiri.

Lewat lagu Cinta Tiada Batas, Andika dan Juan sama-sama melangkah membangun Babang Tamvan Record.

Reporter Tribunnews.com, Bayu Indra Permana berkesempatan ngobrol secara khusus bersama Andika Mahesa dan Juan Zerlinda pada Selasa (23/2) di NEO Hotel Tendean Jakarta Selatan.

Berikut petikan wawancara khususnya:

1. Coba ceritain dong Andika Mahesa soal label Babang Tamvan Record dan Juan Zerlinda?
Andika: Jadi Juan ini kan hobinya cover lagu, kebetulan gue om nya enggak tahu kalau dia suka cover lagu. Jadi suatu hari gue buka YouTube gue lihat wajah dia, gue ketemuin bapaknya gue bilang kalau Juan ini harus nyanyi beneran.

Singkat kata singkat cerita, Juan gue packaging, gue buatin lagu, akhirnya gue coba orbitin.

Gue mikirnya kalau dia gue lempar ke label kasihan di akan diperalat sama label, karena ada beberapa label yang enggak jujur, gue enggak bisa sebut yaa.

Dan di sini kenapa gue harus dirikan label sendiri yaitu Babang Tamvan Record.

2. Kenapa namanya Babang Tamvan Record?

Penyanyi pendatang baru, Juan Zerlinda berfoto usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2021). Di bawah naungan label Babang Tamvan Records milik Andika Mahesa atau Andika Kangen Band, Juan Zerlinda telah meluncurkan single Cinta Tanpa Batas. Tribunnews/Jeprima
Penyanyi pendatang baru, Juan Zerlinda berfoto usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (23/2/2021). Di bawah naungan label Babang Tamvan Records milik Andika Mahesa atau Andika Kangen Band, Juan Zerlinda telah meluncurkan single Cinta Tanpa Batas. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Andika: Karena buat gue nama Babang Tamvan itu selama ini ngejual gue. Gue kenal dunia entertaint 2004, apa yang viral apa yang booming akan dipanen, mungkin itu yang saat ini dikenal dari gue Babang Tamvan, gue rasa nama ini berjalan dan setelah berjalan kenapa enggak ditambahin record saja jadi Babang Tamvan Record.

3. Juan sekarang masih kuliah atau sudah lulus?

Juan: Aku masih kuliah di Semarang, aku cover sudah dari lama dari SMP. Ya awalnya iseng saja terus coba nyanyi. Aku juga ada guru vokal di rumah selama ini.

4. Juan sendiri ketika diajak masuk label Babang Tamvan Record gimana?

Juan: Aku saat itu langsung tertarik cuma aku juga bingung karena harus bagi waktu sama kuliah.

Jadi aku coba bagi waktu karena kalau emang jalannya aku di dunia musik mungkin ini peluangnya, kan kapan lagi ada kesempatan.

5. Waktu om Andika nawarin kamu dirayunya gimana?

Juan: Om Andika langsung nawarin lagu aku ini untuk ikut bareng

Andika: Gue langsung support pakai lagu lah, gue suruh dia hapalin, jangan malu dan harus bisa. Kita kan enggak tahu ke depannya gimana yang penting buat gue gak ganggu kuliahnya, dan mumpung waktunya kosong gue kasih karya.

Hitung-hitung mumpung omnya masih dikenal orang, kalau besok sudah jadi tukang baso kan enggak bisa angkat dia.

Gue lihat Raffi Ahmad bisa bantu keluarganya gue juga pengen, selain itu gue mau hindarin gosip berkembang kalau Andika bawa cewek lagi nanti gimana-gimana mending gue bawa keponakan gue sendiri aja.

Sekarang lagi promo kan gue temanin terus siapa tahu kalau sudah punya single sendiri udah berani mandiri dianya.
6. Temenin sampai kapan si Juannya?

Andika: Buat saat ini gue perhatiin banget pergaulannya karena kan namanya dunia entertaint ada yang glamour, ada yang biasa saja, gue sih pengennya dia tetap konsisten kayak begini kalau kemana-mana ditemenin ibu atau bapaknya.

Sekarang ini tuh apapun kegiatan Juan gue harus tahu karena gue yang jagain dia, mungkin ke depan kalau dia sudah merasa bisa ya gue lepas.

Apalagi kan promo dia gede-gedean tuh, promo gede tuh bikin nama dia banyak dikenal orang, semakin dia namanya naik banyak yang mau bertemen sama dia, nah dia juga harus pilih-pilih temen.

7. Juan sendiri sejauh ini sudah dapat pelajaran apa saja dari om Andika?

Juan: Aku diajarin ngomong depan orang banyak, terus diajarin nggak grogi, nyanyi bagus harus santai. Kalau urusan suara atau improve dibebasin sih sama om Andika.

8. Apa yang Andika lihat dari sosok Juan?
Andika: Gue lihat banyak YouTubers yang naik cuma di YouTube, sayang. Tapi untuk Juan ini dia harus bisa keluar karya selain cover di YouTube, ini langkah awal gue buat naikin keponakan gue gak cuman cover lagu orang aja.

Terbukti lagu dia Cinta Tiada Batas ya promo sudah jalan dan berkembang. Gue seneng yaa, gue selama ini kan produserin orang, nah sekarang gue harus produserin keluarga sendiri gue tertantang.

Gue rasa dia mampu yaa, meskipun sekarang jawabannya pelan yaa pelan-pelan dia akan belajar selagi sering ke tv, wawancara ya dia bisa berkembang.

9. Respon orang-orang ketika Bang Andika bawa Juan di label gimana?

Andika: Wah bagus banget responnya orang-orang tuh nanya ‘beneran ini keponakan lu, ko beda banget sama omnya, cantik banget keponakan lu’. Ya alhamdulillah responnya positif dia juga murah senyum, perform dia juga bagus, tapi namanya proses dia terus belajar.

10. Juan sudah berani nyanyi live di tv?

Andika: Dia tadi sudah berani nyanyi live di acara tv, gue juga kaget padahal belum gue ajarin, gue senang nih karena dia membuktikan bisa jadi entertain, karena tadi di acara tv dia ditantang nyanyiin lagu gue. Dan tadi tuh lagunya dikoploin dia biasa, gue kaget dan seneng sih. Tinggal biasain komunikasi saja sih.

11. Bang Andika pernah pengalaman nggak enak kah selama di label jadinya bikin sendiri?

Andika: Ya gue pernah merasakan masuk manajemen dan label enggak transparan, gue tahu tapi gue pura-pura enggak tahu saja. Gue anggap itu tuh sebagai pelajaran aja karena ilmu yang paling mahal adalah pengalaman dan kesalahan.

Semua yang udah gue lakuin di masa lalu itu adalah gue anggap pelajaran, uang yang hilang berapapun itu gue relakan aja.

Hitung-hitung kalau enggak ada mereka gua enggak akan terkenal, dan itu yang gue terapin ke Juan gue takut dia kena olah orang, makannya gue pilih jalan label sendiri dia upload jadi konten sendiri kalau dapat uang kan dia dapetin sendiri.

12. Setelah ini apa lagi untuk Juan?

Andika: Gue untuk saat ini konsisten Juan tampil dengan lagunya sendiri, kalau cover tetap boleh karena itu referensi Juan ke depan. Gue sebagai om juga harus ikutin kemauan Juan, suaranya kemana. Suara dia tuh Pop banget kayak diva, suarany ke arah Siti Nurhaliza yaa dia lebih ke situ pasarnya. Kalau ke dangdut kayaknya agak susah untuk saat ini.

13. Pas dikasih lagu dari om Andika gimana?

Juan: Yaa aku jadiin belajar dulu, musiknya kayak lagu Siti Nurhalizah aku suka.
Andika: Emang musiknya ring notasinya juga enggak berat yaa.

14. Bang Andika mau narik artis lain?
Andika: Gue sih mau fokus dulu kembangin Juan sampai namanya naik, kembangin Juan dulu setelah dia sudah di atas baru naikin yang lain lagi. Lagian untuk nyari juga sekarang untuk lebih gampang di media sosial, cuma gue masih mau fokus ke Juan dulu.

15. Juan rasanya bagaimana sudah mulai terjun dunia entertain?
Juan: Ya harus biasain sedikit-sedikit belajar. Aku ga masalah tampil di tv, enjoy saja.

16. Sudah ada yang ajak Juan kolaborasi?
Andika: Sementara belum gue fokusin ke kolaborasi, tapi udah ada kayan dari Hijau Daun dan Kiki The Potters mau collabs sama dia. Cuma gue mau dia fokus sama promo dia aja dulu, kalau selesai promonya baru deh kolaborasi

17. Kalau ada yang nawarin Juan settingan gimana?
Andika: Kalau itu balik lagi ke pribadi Juannya, dia maunya gimana, kalau ada yang mau deket Juan sih enggak masalah gimana ke anaknya. Tapi Juan ini gue setting bukan untuk settingan, jadi kalau ada yang ajak settingan gitu Juan harusnya udah bisa ngerti yaa gelagat orang yang mau nebeng settingan, dan gue juga paling depan buat ingetin Juan. Untuk saat ini gue gak dulu deh buat settingan-settingan yaa semoga aja nggak ada.

18. Project pribadi sendiri?
Andika: Gue lagi fokus sama Kangen Band mau promo album baru sama Juan saja. Nanti juga kalau jalan promonya gue mau ajak Juan main bareng om-omnya di Kangen Band kayak kemarin pas dia rilis lagu dibarengin sama penampilan Kangen Band.

19. Harapan kalian gimana buat project ini?
Juan: Semoga ke depannya untuk single Cinta Tiada Batas itu dapat respon baik di masyarakat, diterima, dan bisa membuktikan ke om Andika.

Andika: Mudah-mudahan lagunya diterima masyarakat dan Juan bisa terus berkaraya itu aja sih, Juan juga harus tetap humble.(Tribun Network/bay/wly)

Penulis: bayu indra permana
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved