Khawatir Beri Anak Obat Sirup, Sarwendah Lakukan Hal Ini

Aktris sekaligus mom influencer Sarwendah mengaku sempat khawatir ketika pemerintah menyetop sementara peredaran obat sirop.

Tribunnews.com/Istimewa
Aktris sekaligus mom influencer Sarwendah, Dokter Spesialis Anak dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc., Sp.A, Deputy President Director Combiphar Lim Soeyantho dalam webinar Kamis (24/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktris sekaligus mom influencer Sarwendah mengaku sempat khawatir ketika pemerintah menyetop sementara peredaran obat sirup.

Pasalnya, buah hatinya Thalia Putri Onsu harus dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami demam, muntah, hingga mimisan.

"Semua obat cair aku buang, yang baru atau yang lama karena kan suka stok,” kata penyanyi dan aktris itu dalam webinar "Combiphar Health Desk Virtual Talkshow Forum: Lega! OBH Combi Telah Dinyatakan Aman Sesuai Aturan, pada Kamis (24/11/2022).

Saat dirawat di rumah sakit, ia pun aktif menanyakan keamanan obat yang akan diberikan dokter kepada putri kesayangannya itu.

Di situ, ia mengetahui bahwa sudah asa obat sirop yang dinyatakan aman untuk diminum oleh Badan Obat dan Pengawas Makanan atau BPOM.

Baca juga: Sarwendah dan Thalia Putri Onsu Pulang dari Rumah Sakit, Kerap Bikin Video Lucu Selama Opname

“Tentunya akan memilih obat sirop yang telah dinyatakan Badan POM aman untuk dikonsumsi, termasuk OBH COMBI Batuk Berdahak dan OBH COMBI Batuk Flu untuk anak dan dewasa. Aku percaya Badan POM telah melakukan pengujian dan verifikasi ketat sebelum melakukan pernyataan. Di sisi lain, setiap kita mengonsumsi obat, kita wajib mengikuti aturan pakai demi keamanan kita sendiri,” jelas Sarwendah.

Ia pun membagikan tips dan trik sebelum memberikan obat kepada anak.

Istri Ruben Onsu ini akan selalu mengecek labelnya terlebih dahulu. Kemudian membaca dengan jelas aturan pakainya.

“Biasanya kalau mau minum obat aku langsung lihat expired date-nya dulu, enggak tahu kan ini stok kapan. Aku selalu baca aturan pakai, aku timbang berat badan anak karena (aturannya) ada umur dan berat badan,” kata dia.

Selain itu, ia harus memastikan obat yang diberikan sesuai dengan keluhan sakit yang yang dirasakan, misalnya obat batuk ada yang untuk batuk kering, batuk berdahak, atau batuk pilek.

"Aku cari informasi dari sumber yang terpercaya di media sosial, aku mengikuti akun tepercaya seperti BPOM atau akun kesehatan lain yang tepercaya. Jika masih kurang yakin, aku bertanya kepada dokter," jelas mantan personel Cherrybelle ini.

Baca juga: Ruben Onsu dan Sarwendah Kembali Dapat Teror, Kaca Sekolah Miliknya Dilempar Batu

Dokter Spesialis Anak dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc., Sp.A mengungkapkan, hingga saat ini, Badan POM telah mengumumkan 294 produk obat sirop yang dinyatakan aman untuk dikonsumsi selama mengikuti aturan pakai.

"Saya sebagai dokter ikut senang dengan semakin bertambah banyaknya obat yang dinyatakan aman untuk dikonsumsi masyarakat. Dengan demikian, semakin banyak pasien yang bisa mendapatkan manfaat dari obat yang dibutuhkan,” tutur dokter Denta.

Lebih lanjut, dokter Denta berharap pengumuman daftar obat sirop aman dari Badan POM ini bisa meningkatkan kepercayaan dan meredam kekhawatiran di kalangan orang tua, khususnya di antara ibu-ibu sembari tetap mengikuti pengumuman bertahap selanjutnya dari Badan POM.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved