Tontowi Ahmad Pensiun dari Bulutangkis

Tontowi Ahmad dan Istri Serta Anak-anak Bakal Pulang Kampung ke Austria, Kok?

Tontowi Ahmad bersama Liliyana Natsir merupakan salah satu ganda campuran terbaik Indonesia.

KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG
Pemain ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, melakukan selebrasi usai laga babak pertama Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai menyampaikan pengunduran diri ke PBSI terhitung Senin, 18 Mei 2020, Tontowi Ahmad berharap para juniornya dapat melanjutkan perjuangan dengan mencetak prestasi untuk Indonesia.

Tontowi bersama Liliyana Natsir merupakan salah satu ganda campuran terbaik Indonesia.

Pasangan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow saat bertanding pada babak II Indonesia Open 2019, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019). Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil mengalahkan pasangan asal Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai setelah bermain dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 21-18. Tribunnews/Herudin
Pasangan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow saat bertanding pada babak II Indonesia Open 2019, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019). Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil mengalahkan pasangan asal Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai setelah bermain dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 21-18. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Mereka telah menyumbang banyak gelar bergengsi seperti tiga gelar hat-trick di All England 2012, 2013 dan 2014, gelar juara dunia tahun 2013.

Puncaknya adalah raihan emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Pada tahun 2017, Tontowi/Liliyana kembali merebut gelar juara dunia.

Ekspresi Tontowi Ahmad pada acara pemberian apresiasi bagi juara Indonesia Open 2018
Ekspresi Tontowi Ahmad pada acara pemberian apresiasi bagi juara Indonesia Open 2018 (DJARUM FOUNDATION)

"Memutuskan untuk pensiun itu rasanya campur aduk. Saya sudah lama menjalani hidup sebagai atlet bulutangkis. Di satu sisi lega karena ada waktu buat keluarga, tapi ada rasa kangen mau main badminton lagi. Mudah-mudahan apa yang saya dan cik Butet (Liliyana) capai bisa jadi motivasi untuk para pemain muda. Dan yang penting itu, harus punya mindset seorang juara yaitu jangan pernah puas. Sekarang juara, besok kejar gelar lagi. Kalau ada target, latihan juga jadi lebih semangat," ungkap Tontowi Ahmad seperti dilansir Badmintonindonesia.org.

Jika mantan pasangan mainnya, Liliyana, kini tengah sibuk berbisnis, Tontowi mengatakan masih belum tahu apa yang akan ia akan mengikuti jejak Liliyana usai pensiun.

Pasangan anyar bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu mampu menunjukkan kualitasnya pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senaya, Jakarta, Selasa (14/1/2020).
Pasangan anyar bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu mampu menunjukkan kualitasnya pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senaya, Jakarta, Selasa (14/1/2020). (DOK: PBSI)

Rencana berbisnis memang ada, namun saat ini Tontowi lebih ingin menghabiskan waktu dengan keluarganya karena selama menjadi pemain, ia tak punya banyak waktu untuk sang istri, Michelle Harminc dan kedua putranya, Danish Arsenio Ahmad dan Arsya Alfarezel Ahmad.

"Kalau bisnis pasti ada rencana ke sana, tapi saya masih pelan-pelan belajar berbisnis. Sekarang mau habiskan waktu sama keluarga dulu. Sebelum wabah Corona, ada rencana liburan sama keluarga karena dari dulu nggak pernah punya waktu liburan," tutur Tontowi Ahmad.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (zimbio)

Tontowi Ahmad berkeinginan pergi ke Austria, 'kampung'nya sang istri.

"Kan saya belum pernah ke sana juga. Saya juga mau ajak keluarga ke Birmingham (Inggris), mau tunjukkan ke anak-anak saya kalau papanya pernah juara All England di sana," jelas pemain asal PB Djarum ini.

Halaman
12
Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved