5 Ganda Putra Paling Berpengaruh Versi BWF, Marcus/Kevin Punya Kecepatan, Ahsan/Hendra Top di Taktik

Marcus/Kevin diakui kecepatan permainan mereka, sedangkan Ahsan/Hendra memiliki taktik

Instagram PBSI
Ganda putra Indonesia Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra. 

TRIBUNNEWS.COM - Dua ganda putra Indonesia masuk dalam ganda putra paling berpengaruh dalam dunia bulu tangkis 10 tahun terakhir pilihan Federasi Bulu Tangkis Dunia ( BWF).

Dari 5 ganda putra pilihan BWF, dua wakil Indonesia yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, termasuk dalam daftar tersebut.

Baca juga: Naik-Turun Karier Ahsan/Hendra, Sempat Pisah, Tetap Bertaji Meski Berumur, Pernah Tembus 11 Final!

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat ini belum tergoyahkan sebagai ganda putra nomor satu dunia, sedangkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menyusul di peringkat kedua.

Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat melawan rekan senegara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada pertandingan semifinal Indonesia Masters 2020, di Istora Senayan, Sabtu (18/1/2020). Ahsan/Hendra dipaksa bermain tiga set dan berhasil melaju ke final dengan skor 21-12 18-21 21-17. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat melawan rekan senegara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada pertandingan semifinal Indonesia Masters 2020, di Istora Senayan, Sabtu (18/1/2020). Ahsan/Hendra dipaksa bermain tiga set dan berhasil melaju ke final dengan skor 21-12 18-21 21-17. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Mantan pebulu tangkis yang saat ini menjadi komentator BWF, Gillian Clark, mengungkapkan alasan Ahsan/Hendra menjadi salah satu ganda putra yang berpengaruh. 

Baca juga: Update Peringkat Dunia BWF Ganda Putra Indonesia, Kevin/Marcus Tetap Nomor 1, Ganda Ajaib Meroket

"Mengapa mereka sangat berpengaruh? Karena karier mereka panjang. Mereka telah memenangi tiga gelar juara dunia selama periode tujuh tahun," ujar Gillian Clark dalam video yang diunggah Youtube BWF TV, Kamis (11/2/2021).

"Bagi Hendra Setiawan, ia telah meraih empat gelar juara dunia dalam kurun waktu 12 tahun. Mereka adalah bukti nyata bahwa usia tidak terlalu berpengaruh dalam olahraga ini."

Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo bertarung melawan pasangan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan pada Final indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/1/2020). Kevin dan Marcus berhasil menjadi Juara Indonesia Masters 2020 usai mengalahkan pasangan Ahsan dan Hendra dengan skor 21-15 dan 21-16. TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo bertarung melawan pasangan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan pada Final indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/1/2020). Kevin dan Marcus berhasil menjadi Juara Indonesia Masters 2020 usai mengalahkan pasangan Ahsan dan Hendra dengan skor 21-15 dan 21-16. TRIBUNNEWS/JEPRIMA (TRIBUN/JEPRIMA)

Ahsan/Hendra memang tak lagi muda sebagai pebulu tangkis.

Mohammad Ahsan saat ini berusia 33 tahun, sedangkan Hendra Setiawan berumur 36 tahun.

Baca juga: Fakta Menarik Langkah Ahsan/Hendra ke Final BWF World Tour Finals 2020, Asa Lewati Rekor Denmark

Meski demikian, Ahsan/Hendra masih menjadi salah satu yang diperhitungkan di sektor ganda putra.

Setelah kembali berpasangan pada 2018, Ahsan/Hendra melaju dengan tampil di 11 final sepanjang 2019, lebih banyak daripada Marcus/Kevin yang mencapai 9 final pada tahun sama.

"Ahsan/Hendra masih menjadi salah satu yang terbaik di ganda putra karena taktik mereka hebat dan kemampuan mereka membaca permainan," ujar Gillian Clark.

"Meskipun berpisah pada akhir 2016, mereka kembali berpasangan pada 2018 dan mencapai lebih banyak final daripada Marcus/Kevin pada tahun 2019," tutur Gillian Clark menambahkan.

Selain Ahsan/Hendra, Marcus/Kevin juga termasuk dalam lima pasangan ganda putra berpengaruh dalam 10 tahun terakhir. 

Dalam hal ini, Gillian Clark menyoroti permainan cepat yang ditunjukan Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

"Banyak orang percaya bahwa kecepatan membuat pertandingan ganda putra menjadi yang paling menarik untuk ditonton," ujar Gill Clark.

"Namun, Marcus/Kevin telah membawa permainan ganda putra ke level baru. Mereka, terutama Kevin Sanjaya Sukamuljo, menunjukkan bahwa gaya permainan yang berani bisa menjadi resep kesuksesan."

Adapun tiga pasangan lainnya yang masuk dalam lima ganda putra paling berpengaruh, yakni Cai Yun/Fu Haifeng (China), Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), dan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea Selatan).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BWF Pilih 5 Ganda Putra Paling Berpengaruh, Termasuk Ahsan/Hendra dan Marcus/Kevin"

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved