Breaking News:

Mirna Tri Handayani: Olahraga Guru Terbaik Bagi Anak Belajar Nilai-nilai Kehidupan

Sekitar 30 juta anak Indonesia di 200 kota telah berpartisipasi di berbagai kegiatan olahraga seperti MILO Football Championship

tangkapan layar online Milo Activ academy
MILO ACTIV Academy merupakan platform edukasi olahraga online yang dihadirkan untuk membangkitkan semangat olahraga anak Indonesia terutama di tengah pandemi agar dapat bergerak aktif di rumah saja. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 30 juta anak Indonesia di 200 kota telah berpartisipasi di berbagai kegiatan olahraga seperti MILO Football Championship, MILO School Competition, MILO Jakarta International 10K, Milo Indonesia Virtual Run hingga Tantangan Juara.

Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestlé Indonesia, Mirna Tri Handayani mengatakan, MILO ACTIV Academy merupakan platform edukasi olahraga online yang dihadirkan untuk membangkitkan semangat olahraga anak Indonesia terutama di tengah pandemi agar dapat bergerak aktif di rumah saja.

Hal ini sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) yang merekomendasikan agar anak-anak dan remaja melakukan paling sedikit satu jam kegiatan fisik setiap hari dan membatasi waktu di depan layar elektronik.

"Disamping itu, olahraga merupakan guru terbaik bagi anak untuk dapat belajar mengenai nilai-nilai kehidupan seperti percaya diri, pantang menyerah, sportivitas, dan kerja sama tim, sehingga membantu membentuk karakter tangguh anak. Kami berharap melalui program MILO ACTIV Academy, semakin banyak keluarga Indonesia yang termotivasi untuk menjalankan gaya hidup sehat dan aktif meskipun hanya di rumah saja,” jelas Mirna Tri Handayani.

Sementara itu, Sports Nutritionist, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengungkapkan, “terkait pemenuhan gizi seimbang, tantangan yang dihadapi anak Indonesia yaitu kurangnya asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung aktivitas hariannya seperti belajar dan olahraga.

"Kurangnya aktivitas fisik anak akibat adanya pembatasan kegiatan di luar rumah juga menjadi tantangan lainnya yang dihadapi selama pandemi. Orang tua berperan penting untuk memberikan nutrisi yang seimbang sekaligus terus memotivasi anak untuk bergerak aktif walaupun di rumah saja demi menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal,” jelas Rita Ramayulis.

Pada kesempatan yang sama, Nutrisionis Nestlé Indonesia, Eka Herdiana mengatakan, dari studi internal yang dilakukan Nestlé, usia 5-15 tahun merupakan periode pertumbuhan yang penting bagi anak, dimana anak akan mengalami perubahan fisik, kognitif dan sosial/karakter yang sangat pesat.

"Di periode ini, orang tua perlu memperhatikan asupan gizi yang tepat bagi anak dan mendukung anak untuk mencintai olahraga sejak dini demi menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuhnya. Inilah yang mendorong Nestlé MILO menghadirkan pilihan produk dengan kebaikan nutrisi serta wadah olahraga seperti MILO ACTIV Academy agar anak dapat tetap aktif di rumah,” jelas Eka Herdiana.

Sedangkan Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd yang turut hadir dalam peluncuran MILO ACTIV Academy mengatakan, olahraga merupakan salah satu elemen penting yang harus dipersiapkan satuan pendidikan.

Aktivitas fisik dan olahraga dapat dijadikan salah satu strategi penanaman nilai-nilai karakter baik anak usia sekolah dasar maupun usia pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk dapat terus memberikan motivasi dan pendampingan kepada anak agar rutin melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga walaupun rumah saja, untuk menjaga kesehatan tubuh serta membangun pendidikan karakter anak seperti semangat belajar, sportivitas, pantang menyerah, serta dapat membangun kemandirian anak.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Nestlé MILO atas komitmennya dalam mewujudkan generasi masa depan Indonesia yang lebih sehat, aktif dan berkarakter tangguh melalui peluncuran platform edukasi olahraga online melalui MILO ACTIV Academy yang sudah diluncurkan hari ini. Semoga MILO ACTIV Academy dapat menjadi solusi bagi orang tua dan mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan platform digital yang telah disiapkan. Mari kita bersama jaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih, sehat dan tetap aktif berolahraga meskipun dari rumah,” papar Sri Wahyuningsih.

MILO ACTIV Academy menghadirkan beragam rekomendasi kegiatan pendukung olahraga kesukaan yang bisa dilakukan di rumah saja, mulai dari aerobik, bulu tangkis, lari, sepak bola, basket hingga renang yang bisa diakses melalui situs www.milo.co.id/activ-academy. Setiap video tutorial pada masing-masing cabang olahraga dibuat sesuai dengan modul pelatihan MILO ACTIV Indonesia yang disusun oleh para ahli.

Modul ini merupakan hasil kerja sama MILO dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved