Awal Mula MotoGP Hadir di Indonesia Ini Cerita Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer

Tak hanya ajang balap, jutaan pasang mata juga telah melihat keindahan alam di area Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
tribunnews.com/majid
Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer saat menceritakan awal mula hadirnya MotoGP Seri Mandalika, Jakarta, Jumat (25/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ajang balap MotoGP Mandalika 2022 barus aja tuntas terlaksana.

Tak hanya ajang balap, jutaan pasang mata juga telah melihat keindahan alam di area Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Namun sebelum MotoGP dihelat di Mandalika ternyata ada persiapan panjang yang dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

ITDC sendiri merupakan BUMN yang mengelola kawasan pariwisata di area Mandalika.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer memceritakan setidaknya butuh lima tahun persiapan sebelum akhirnya MotoGP bisa kembali lagi ke Indonesia.

“Yang kemarin dilihat itu akumulasi dari perjalanan selama lima tahun. Kawasan Mandalika seluas 1200 hektar ini  kami dari awal ingin mencari yang bisa menambah wisatawan dan investor untuk membangun area Pariwisata. Untuk itu kami putuskan bangun sirkuit MotoGP karena kami tahu MotoGP ini olahraga populer dan fansnya besar,” kata Abdulbar M Mansoer saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Untuk bisa mewujudkan membangun Sirkuit Mandalika, ITDC langsung bergerak dengan mendekati Dorna Sport sebagai promotor MotoGP pada tahun 2017.

Pada 2018, ITDC diundang Dorna untuk membahas hal tersebut di Qatar. Setelah menjelaskan secara rinci, pihak Dorna dengan ITDC pun sepakat untuk membangun Sirkuit MotoGP di Mandalika.

“Tahun 2019 kami berkesempatan untuk ajak mereka, kan mau tahu. Kami tunjukan ini lah (Mandalika) yang akan kami bangun dengan kualitas selengkap Nusa Dua. Mereka sangat terheran-heran dengan keindahan alam Mandalika sangat antusias untuk sirkuit ada di situ,” kata pria yang akrab disapa Bary tersebut.

“Selanjutnya mereka minta kami tanda tangan kontrakan di awal 2019 dan setelah itu kewajiban kami adalah membangun sirkuit dan fasilitasnya,” sambungnya.

Proses pengerjaan Sirkuit pun mulai berjalan pada awal 2021.

Namun sebelum itu, ITDC melaporkan kegiatan ini kepada Presiden Joko Widodo dan Presiden Jokowi pun memberikan lampu hijau untuk bisa membangun Sirkuit Mandalika.

“Kemudian kami dapat audiensi dengan Bapak Presiden tanggal 11 maret 2019 dengan Carmelo, Carlos dan juga beberapa pebalap nasional di Istana Bogor untuk menyampaikan bahwa kami sudah berkontak dan MotoGP siap hadir dan mohon dukungan dari Bapak Presiden untuk fasilitasi infrastruktur,” cerita Bary.

“Waktu itu beliau sampaikan indonesia siap untuk menjadi host dari MotoGP dan beliau mendukung. Setelah itu pak Jokowi berkunjung ke Mandalika untuk lihat lokasi kemudian beliau arahkan bangun jalan akses bypass dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika. Setelah itu, kami mulai bangun di awal 2020 kemudian pengaspalan dan membangun sirkuit juli tanggal 5 2021,” lanjut dia.

Setelah Sirkuit rampung, Presiden Jokowi kembali menjajalnya dan meresmikan sebelum gelaran WSBK pada November 2021.

Setelah itu, Sirkuit Mandalika langsung menggelar MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

“Kemudian selesai bangun 14 Agustus. Bulan November Pak Presiden berkesempatan mengunjungi dan mencoba sirkuit Mandalika, Tangal 19 November kita lakukan WSBK dan sampai MotoGP pada 18-20 Maret kemarin,” pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved