MotoGP

Diggia Start di Posisi Strategis, Gresini Racing Bikin Kejutan di MotoGP Catalunya 2022?

Kematangan Diggia usai dapat poin perdana serta pole position di MotoGP Italia pekan lalu, kian mendapat dukungan untuk melesatkan Ducati Desmosedici

Dok. Gresini Racing
Pembalap Gresini Racing MotoGP, Fabio Di Gianntonio kembali memberikan kejutan. Kali dia ini akan start dari posisi cukup strategis di posisi lima MotoGP Catalunya 2022. 

Diggia Start di Posisi Strategis, Ducati-nya Bastianini Kencang, Gresini Racing Bikin Kejutan di MotoGP Catalunya?

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai Rookie di kelas MotoGP, Fabio Di Gianntonio kembali memberikan kejutan yang kali ini akan start dari posisi cukup strategis di posisi lima MotoGP Catalunya 2022.

Hasil dari pembalap Gresini Racing MotoGP yang disponsori oleh Federal Oil ini diperoleh setelah masuk Q2 dan mampu bubuhkan waktu 1:39,099 detik, Sabtu (4/6).

Pembalap yang akrab dipanggil Diggia ini hanya terpaut 0,357 detik dari Aleix Espargaro pemegang pole position.

Baca juga: Gresini Racing Kinclong di MotoGP Prancis 2022, Bastianini Juara, Diggia Raih Poin Perdana

Dua pebalap tim Gresini Racing MotoGP yang disponsori oleh Federal Oil, Fabio Di Giannantonio dan Enea Bastianini pada ajang MotoGP Italia 2022, Minggu (29/5/2022).
Dua pebalap tim Gresini Racing MotoGP yang disponsori oleh Federal Oil, Fabio Di Giannantonio dan Enea Bastianini pada ajang MotoGP Italia 2022, Minggu (29/5/2022). (HO/IST)

Kematangan Diggia setelah mendapat poin perdana serta pole position di MotoGP Italia pekan lalu, kian mendapat dukungan penuh untuk melesatkan Ducati Desmosedici GP21.

Disayangkan rekan setim yang tengah bersaing di titel Juara Dunia MotoGP 2022 yakni Enea Bastianini terjegal di Q1 dan harus rela start dari posisi 14.

Padahal Bastianini sudah berusaha bikin bangga agar bisa lolos Q1, namun pembalap lainnya lebih kencang.

“Melihat hasilnya kami tak perlu menunjukkan apapun ke siapapun, paling penting adalah mengonfirmasi pertumbuhan kami dan cara lebih baik agar bisa lagi hasilkan kualifikasi seperti kali ini,” ujar Diggia.

Dirinya menambahkan, “Semua berjalan mulus, ubahan sedikit di motor dan kami bisa melakukan dengan baik. Hanya, kami masih perlu sedikit meningkatkan kecepatan motor, terutama di paruh kedua balapan. Sesi pemanasan nanti akan memberikan kepastian untuk pemilihan ban.”

Hasil yang kurang kompetitif Bastianini sedikit membuat calon Juara Dunia MotoGP 2022 ini kecewa.

Sebab diyakini pembalap bernomor 23 ini bahwa perubahan di motor sudah sangat signifikan, namun terjegal di sisa waktu kualifikasi banyak pembalap melambatkan motor.

“Sangat disayangkan pada lap akhir kualifikasi banyak pembalap berseliweran di depan jelang tikungan tiga, sehingga tak bisa menyempurnakan catatan waktu. Seharusnya bisa ikutan Q2 bila melihat potensinya, tapi tidak terwujud,” yakin Bastianini.

Pembalap Italia ini juga menyatakan bahwa Ducati Desmosedici GP21 punya laju yang bisa diandalkan mengitari sirkuit Catalunya sepanjang 4.627 meter.

“Motornya kencang, balapan akan berjalan lama sehingga kita bisa berusaha memperbaiki posisi. Kita hanya perlu akselerasi start yang kuat dan strategi menyerang di awal,” jelasnya.

Diggia dan Bastianini di MotoGP Catalunya 2022 yang siap digelar hari Minggu ini, (5/6), akan berusaha bikin bangga Indonesia. Sebab mayoritas sponsor Gresini Racing adalah produk dari Tanah Air, salah satunya Federal Oil.

Saat ini diklasemen Juara Dunia MotoGP 2022, Bastianini berada di posisi tiga dengan raihan 94 poin, terkait 28 poin dari pemimpin klasemen.

Sedangkan untuk Diggia berada di posisi 20 setelah berhasil kumpulkan total 8 poin. (*/)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved