Asosiasi Futsal Indonesia Bentuk Susunan Pengurus Baru

Usai menjalani kongres 22 Juni 2014, AFI dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo (HT).

Asosiasi Futsal Indonesia Bentuk Susunan Pengurus Baru
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pemilik MNC Grup, Harry Tanoe Soedibyo berbicara saat jumpa pers di kantor DPP Hanura Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2013). Setelah menyatakan keluar dari NasDem, Hary Tanoe resmi bergabung ke Partai Hanura dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) mulai menunjukkan keseriusannya. Induk cabang futsal Tanah Air itu telah merilis kepengurusan dan program untuk meningkatkan prestasi di level internasional.

Usai menjalani kongres 22 Juni 2014, AFI dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo (HT). Pengusaha media ini pun memiliki tanggung jawab dan tuntutan yang tinggi untuk mendongrak prestasi futsal Merah Putih.

"Ketika saya dicalonkan menjadi Ketua Umum AFI, hanya ada dua hal dalam pemikiran saya. Pertama, memajukan futsal Indonesia, selain itu futsal diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam mewujudkan pembangunan karakter bagi generasi muda kita," ujar HT.

Menurut HT pembentukan karakter generasi muda dapat dibentuk melalui olahraga. "Karena di dalam olahraga pada umumnya, terkandung nilai-nilai sportivitas, ketaatan pada aturan main, watak ksatria dan jiwa srikandi, serta semangat untuk menjadi yang terbaik," sambungnya.

Sesuai dengan hasil Kongres, AFI pun bergerak cepat dalam menyusun kerangka program dan melengkapi  susunan Komite Eksekuif (Exco) sekaligus pembidangan program Futsal. Untuk melengkapi anggotanya, AFI merangkul beberapa tokoh yang tidak lagi asing di dunia futsal.

Di antaranya Vivin Sungkono, mantan atlet nasional dan Ketua Futsal DKI, membidangi Futsal Development. Giri Bayu Kusumah, aktivis HIPMI dan Ketua Futsal Jawa Timur, membidangi Organisasi dan Legal. Fabian Sarundajang, anggota DPD RI dan Penasihat Futsal Sulawesi Utara, membidangi Bisnis dan Event. Arif Isnawan, Direktur New Priok Container dan Penasihat Pelindo FC, membidangi Tim Nasional Futsal.

Melengkapi  ketujuh susunan Exco AFI di atas ada juga Syafril Nasution, pimpinan teras di berbagai perusahaan, termasuk Indonesia Air Transport, membidangi Liga Profesional. Lalu Donny Ferdiansyah, profesional accounting dan salah satu pimpinan MNC Group, membidangi Administrasi dan Keuangan.

Sedangkan yang menepati Sekertaris Jendral (Sekjen) AFI adalah Edhi Prasetyo, Direktur Bisnis PSSI dan penanggung jawab pertandingan tim nasional (timnas) Indonesia.

Dalam mengelola kompetisi, AFI akan mengadopsi tatanan kompetisi sepak bola, termasuk aturan promosi dan degradasinya. Ada Liga Profesional yang dikelola Badan Otonomi dan penyelenggaraan Liga Amatir Futsal yang berakar dan diselenggarakan mulai dari setiap daerah. Rencananya, Liga Profesional Futsal, khusus tahun 2015 akan diikuti oleh 16 Klub (putra) dan 8 Klub (putri).

Adapun promosi degradasinya akan bertautan dengan hasil pertandingan Liga Amatir di tingkat nasional termasuk dilakukannya play off.

"Kecuali profesional dan amatir, di tingkat nasional tidak ada pembagian strata peserta kompetisi. Seluruh kegiatan di tingkat nasional, baik profesional maupun amatir, menggunakan standar internasional. Ini demi kepentingan timnas futsal," tandas HT.

Penulis: Jun Mahares
Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Super Skor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved