Tips Dokter Timnas Indonesia Agar Tidak Terpapar Virus Corona

Syarif Alwi berbagi tips dan ilmu pengetahuan terkait pasien terpapar virus corona namun tidak menunjukkan gejala apapun.

dok pribadi
Syarif Alwi 

Laporan Wartawan TrubunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi berbagi tips dan ilmu pengetahuan terkait pasien terpapar virus corona namun tidak menunjukkan gejala apapun.

Dokter yang karib disapa Papi itu menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus diketahui masyarakat tentang penyebaran virus corona.

Menurutnya, individu yang terpapar virus corona namun tidak merasakan gejala apapun, itu masuk ke dalam kategori hidden carrier virus corona.

Hidden carrier virus corona adalah orang yang terpapar virus corona secara terselubung tanpa disadarinya.

Biasanya, hidden carrier virus corona atau para pembawa virus corona terselubung ini yang sulit dideteksi lantaran mereka tidak mengalami panas tinggi, batuk-batuk maupun sesak nafas.

Untuk itu, Alwi menyarankan agar masyarakat melakukan pengecekan untuk mengetahui hasil secara detail.

"Hanya ada satu hal yang tepat yaitu langsung melakukan pengecekan. Rapid test adalah cara skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona," ujarnya, Minggu (5/4/2020).

Lebih lanjut, Alwi memberkan bahwa setelah hasil pemeriksaan tersebut barulah dapat dipastikan apakah orang tersebut terpapar ataupun sudah terjangkit.

"Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona. Jika antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, hal itu berarti tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona," jelasnya.

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved