Breaking News:

Piala Menpora 2021

Asops Kapolri: Sekitar 2 Ribu The Jakmania Berada di Bundaran HI, Undangan Disebar Melalui FB dan IG

Begitu juga dengan oknum Bobotoh yang berada di Bandung yang melakukan tindakan kriminal.

Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali saat memimpin konferensi pers terkait evaluasi Piala Menpora 2021 di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (27/4/2021). 

 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto turut hadir dalam rapat koordinasi evaluasi Piala Menpora 2021 di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Sebagai perwakilan dari pihak Kepolisian, Imam menyebut penyelenggaraan Piala Menpora 2021 berlangsung sukses.

“Pada prinsipnya penyelenggaraan Piala Menpora kemarin berlangsung sukses, dari soal penyelenggaraan, pengamanan, dan juga penegakan protokol kesehatan sudah cukup baik, ini jadi poin untuk event-event berikutnya,” kata Imam Sugianto.

Baca juga: Sederet Ulah Oknum Suporter di Jakarta dan Bandung Seusai Laga Final Persija Vs Persib

Personel Brimob Polri bersenjata lengkap dikerahkan untuk membubarkan massa pendukung klub sepak bola Persija Jakarta di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (26/4/2021) dini hari.
Personel Brimob Polri bersenjata lengkap dikerahkan untuk membubarkan massa pendukung klub sepak bola Persija Jakarta di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (26/4/2021) dini hari. (KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)

Namun, setelah Piala Menpora berakhir dengan menobatkan Persija Jakarta sebagai pemenang dan Persib runner-up, hal itu pun langsung diikuti euforia berlebihan dari oknum The Jakmania di Jakarta dan kekecewaan mendalam oleh Bobotoh di Persib.

Ribuan The Jakmania merayakan atau konvoi yang terpusat di Bundaran HI, sementara Bobotoh menyerang kantor Persib Bandung.

Baca juga: PP The Jakmania Minta Maaf, Tak Pernah Instruksikan Konvoi Perayaan Persija Juara

Khusus The Jakmania, hasil dari pendalaman Imam Sugianto mengatakan bahwa ada undangan yang disebar melalui sosial media.

“Namun dalam kesempatan ini, kami menyayangkan kegiatan yang sudah direncanakan baik, dicederai oleh beberapa oknum yang coba memprovokasi,” kata Imam.

“Kami lihat tanggal 26 malam ada dua ribuan suporter Jakmania di Bundaran HI, yang menurut pendalaman yang dilakukan Polda Metro Jaya, undangannya disebar di Facebook dan Instagram, tapi ini masih kami dalami,” sambungnya.

Baca juga: NJ Mania Kecam Oknum The Jakmania yang Berpesta di Tengah Pandemi

Lebih lanjut, Imam menegaskan apabila kerumunan yang terjadi menimbulkan lonjakan kasus Covid-19 pihaknya bakal mengambil sanksi tegas.

Begitu juga dengan oknum Bobotoh yang berada di Bandung yang melakukan tindakan kriminal.

“Manakala nanti ini menyumbang sesuatu ke protokol kesehatan, Polisi akan mengambil tindakan tegas dan terukur ke depannya, demikian juga yang di Bandung kami menyayangkan Bobotoh yang menyampaikan kekecewaannya dengan perusakan lalu melakukan sweeping kendaraan dari Jakarta,” jelas Imam

“Menteri dalam rapat sudah memberikan evaluasi ini tanggung jawab besar untuk memberikan edukasi kepada suporter supaya betul-betul bisa menjaga perilaku kelompoknya di tengah situasi pandemi saat ini,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved