Breaking News:

Timnas Indonesia

Menpora Tegaskan Pemain Naturalisasi Tidak Efektif Buat Timnas Indonesia

Menpora seolah mengirim pesan tegas ke PSSI, Naturalisasi Tidak Efektif Buat Timnas Indonesia. Kualitas pemain lokal tidak kalah

WARTA KOTA/WARTA KOTA/UMAR WIDODO
PSSI mengadakan Kongres tahunan yang berlangsung di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres dibuka oleh Menpora Zainudin Amali yang didampingi Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, dan mantan Ketum PSSI Agum Gumelar. WARTA KOTA/UMAR WIDODO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai kehadiran pemain naturalisasi tidak efektif dalam pembentukan Timnas sepakbola Indonesia.

Sikap Menpora ini merespons munculnya lagi wacana naturalisasi pemain oleh PSSI bila pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merekomendasi.

Baca juga: Menpora Gerah PSSI Buka Lagi Peluang Naturalisasi Pemain: Tak Boleh Lagi Ada Prestasi Secara Instan

Bahkan dirinya menilai kualitas pemain-pemain yang dinaturalisasi tak jauh berbeda dari pemain lokal Indonesia.

“Khusus untuk naturalisasi di cabor sepakbola ini saya melihat tidak begitu efektif untuk pembentukan Timnas, kualitas mereka yang dinaturalisasi juga tidak terlalu berbeda dengan pemain asli kita,” kata Menpora Amali, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Sinyal Egy Maulana Vikri Sudah Punya Klub Baru Pasca-Dilepas Lechia Gdansk, Gabung Witan?

PSSI mengadakan Kongres tahunan yang berlangsung di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres dibuka oleh Menpora Zainudin Amali yang didampingi Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, dan mantan Ketum PSSI Agum Gumelar. WARTA KOTA/UMAR WIDODO
PSSI mengadakan Kongres tahunan yang berlangsung di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres dibuka oleh Menpora Zainudin Amali yang didampingi Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, dan mantan Ketum PSSI Agum Gumelar. WARTA KOTA/UMAR WIDODO (WARTA KOTA/WARTA KOTA/UMAR WIDODO)

Perbedaan itu Ia saksikan langsung dalam turnamen Piala Menpora 2021 lalu, malah menurutnya pemain naturalisasi tak memberikan contoh yang baik bagi pesepakbola lainnya.

“Pada saat turnamen pra musim piala Menpora yang lalu saya sangat serius memperhatikan kualitas pemain naturalisasi itu, mereka belum bisa jadi panutan bagi para  pemain asli kita, bahkan ada di salah satu pertandingan justru  pemain naturalisasi tidak memberi contoh bermain sepakbola dengan baik sampai pemain tersebut harus dikeluarkan oleh wasit karena terkena kartu merah,” cerita Menpora.

Baca juga: Egy Maulana Vikri Dianggap Nol Besar di Lechia Gdansk, Follower IG Klub Menukik ke Setelan Pabrik

Lebih lanjut Menpora menilai ada sikap dari pemain yang sudah dinaturalisasi tapi malah ogah-ogahan membela Timnas Indonesia.

Hal itu dikatakannya justru tak mempunyai sifat kecintaannya dengan tanah air Indonesia.

“Yang lebih mengecewakan lagi ada pemain naturalisasi yang dipanggil untuk memperkuat Timnas yang akan bertanding di Luar Negeri malah beralasan macam-macam dan pulang ke kampung halamannya. Itu pertanda pemain naturalisasi tersebut tidak ada kepedulian terhadap kepentingan nasional Indonesia.  Dia sekedar main sepakbola saja tapi jiwa patriotisme & nasionalisme rendah. Sangat beda dengan pemain yang memang asli lahir, besar dan hidupnya di Indonesia, jelas Menpora.

Baca juga: Kembali Bikin Gaduh dari Korea, Shin Tae-yong Beri Pengakuan ke PSSI Soal Hal Ini

Seperti diketahui, Menpora dan jajarannya kini tengah sibuk menggodok grand desain olahraga nasional. Gunanya untuk membina atlet-atlet Indonesia dengan program yang benar sehingga kedepan bisa memberikan prestasi yang baik.

Dengan begitu menurutnya prestasi bakal didapatkannya, bukan berharap prestasi instan dengan menggunakan hal-hal yang instan juga salah satunya naturalisasi.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved