Super Pandit

Kualitas Raphinha, Inverted Winger Ajaib, Karya Marcelo Bielsa & Kerasnya Liga Inggris

Jelas bukan tanpa alasan mengapa tim-tim elite ingin mendapat tanda tangan Raphinha di bursa transfer musim panas kali ini.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Deivor Ismanto
Oli SCARFF / AFP
Tim-tim sekaliber Chelsea, Barcelona, Liverpool, Arsenal, hingga Bayern Munchen berminat untuk mendatangkan Raphinha di bursa transfer - Bek Brighton Spanyol Marc Cucurella (kanan) bersaing dengan gelandang Leeds United asal Brasil Raphinha Dias Belloli (tengah) selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leeds United dan Brighton and Hove Albion di Elland Road di Leeds, Inggris utara pada 15 Mei 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Nama Raphinha menjadi winger paling laris di bursa transfer musim panas ini.

Tim-tim sekaliber Chelsea, Barcelona, Liverpool, Arsenal, hingga Bayern Munchen berminat untuk mendatangkan Raphinha di bursa transfer.

Kini, Raphinha semakin dekat dengan Chelsea yang berani menebus sang pemain dengan harga selangit, 65 juta pound dari Leeds United.

Jelas bukan tanpa alasan mengapa tim-tim di atas ingin mendapat tanda tangan Raphinha di bursa transfer musim panas kali ini.

Kiper Senegal kelahiran Prancis Chelsea Edouard Mendy (kiri) menyelamatkan tembakan dari gelandang Leeds United asal Brazil Raphinha Dias Belloli (kanan) saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Leeds United dan Chelsea di Elland Road di Leeds, Inggris utara pada 13 Maret 2021.
Lindsey Parnaby / POOL / AFP
Kiper Senegal kelahiran Prancis Chelsea Edouard Mendy (kiri) menyelamatkan tembakan dari gelandang Leeds United asal Brazil Raphinha Dias Belloli (kanan) saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Leeds United dan Chelsea di Elland Road di Leeds, Inggris utara pada 13 Maret 2021. Lindsey Parnaby / POOL / AFP (Lindsey Parnaby / POOL / AFP)

Penampilan Raphinha memang semengesankan itu, bersama Leeds ia menjadi kunci dalam permainan menyerang Bielsa.

Didatangkan pada bulan Oktober tahun lalu, Raphinha menjalani debutnya saat The Whites ditantang Wolverhampton Wanderers pada pekan kelima Liga primer Inggris 2020/2021.

Dan di pekan yang kesembilan, pemain berusia 24 tahun tersebut mendapatkan kesempatan untuk bermain sejak menit awal menghadapi Arsenal.

Meskipun harus menyerah dengan skor 4-2 menghadapi tim asal London itu, Raphinha berhasil tampil impresif, sejak pertandingan tersebut, Raphinha dipercaya untuk tampil reguler bersama Leeds United.

Pelatih The Whites, Marcelo Bielsa biasa memasang Raphinha sebagai winger kanan Leeds United, dengan skema menyerang 4-3-3 miliknya.

Sang winger mampu dengan cepat menyesuaikan diri dengan sistem Bielsa yang menuntut para wingernya untuk aktif melakukan pressing dan melakukan serangan dengan cepat.

Hadirnya Raphinha di sisi kanan penyerangan Leeds menjadi momok menakutkan untuk barisan pertahanan tim lawan, pergerakannya begitu cepat, kemampuan dribelnya juga begitu mumpuni.

Pesona Raphinha

Dilansir FBref, dribbles completed Raphinha berada di angka 2.29 per pertandingan, paling mencolok dari winger The Whites lainnya.

Diberi peran sebagai inverted winger juga membuat Raphinha lebih berbahaya di sepertiga akhir serangan Leeds United.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
19
16
2
1
45
11
29
50
2
Manchester City
20
14
3
3
53
14
33
45
3
Newcastle
20
10
9
1
33
11
22
39
4
Manchester United
20
12
3
5
32
20
7
39
5
Tottenham
21
11
3
7
40
21
9
36
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved