Piala Dunia 2022

Jepang Tampil Apik Berkat Dorongan Eksternal Kata Widodo C Putro

Jepang lolos sebagai juara grup E usai meraih poin enam hasil dari dua kali menang atas Jerman dan Spanyol dan sekali dikalahkan Kosta Rika.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
AFP/PHILIP FONG
(Baris depan dari kiri) Gelandang Jepang Takefusa Kubo, Gelandang Jepang Junya Ito, Bek Jepang Yuto Nagatomo, Penyerang Jepang Daizen Maeda, Gelandang Jepang Daichi Kamada (baris belakang dari L) Bek Jepang Maya Yoshida, gelandang Jepang Ao Tanaka, bek Jepang Kou Itakura, bek Jepang Shogo Taniguchi, gelandang Jepang Hidemasa Morita dan kiper Jepang Shuichi Gonda berpose untuk foto tim jelang Grup Piala Dunia Qatar 2022 E pertandingan sepak bola antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa di Doha. (1 Desember 2022). (Philip FONG / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Timnas Jepang tampil mengejutkan dalam fase grup E Piala Dunia 2022.

Jepang lolos sebagai juara grup E usai meraih poin enam hasil dari dua kali menang atas Jerman dan Spanyol dan sekali dikalahkan Kosta Rika.

Pelatih Bhayangkara FC yang juga eks pemain Timnas Indonesia, Widodo C Putro menilai secara permainan, Jepang tampil bagus baik saat bertahan dan menyerang.

Bahkan, Widodo menyebut anak didik Hajime Moriyasu itu bermain dengan menggunakan hati.

Pelatih kepala Bhayangkara FC, Widodo C Putro Saat diwawancarai usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).
Pelatih kepala Bhayangkara FC, Widodo C Putro Saat diwawancarai usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (tribunnews.com/abdul majid)

"Mereka negara Asia yang menerapkan permainan modern yang jauh dari negara Asia lainnya. Mereka sudah melihat bagaimana sih pertandingan untuk saat ini, bagaiman mereka bertahan, menyerang dan yang terpenting mereka bermain dari hati," kata Widodo C Putro di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Soal penampilan apik Jepang, Widodo melihat ada faktor lain yang membuat Yoshida dkk. tampil militan baik saat menghadapi Jerman maupun Spanyol.

Widodo menilai peran suporter Jepang yang berada di Qatar sangat mempengaruhi cara pemain Jepang bermain.

Seperti diketahui,  suporter Jepang sempat viral lantaran cara mereka yang membersihkan Tribun Stadion dari sisa-sisa makanan dan minuman.

"Satu hal lagi saya melihat orang-orang Jepang terutama suporter di sana, mereka habis main meskipun waktu itu sempat kalah timnya, suporter tetap membersihkan Stadion," ujar Widodo.

"Nah, hal-hal seperti itu memberikan aura possitif, saya yakin itu. Akhirnya berdampak ke tim semakin kondusif, mereka melihat suporter seperti itu, dan mereka tampil semakin fight. Jadi ada imbasnya ke tim," pungkasnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Arsenal
    19
    16
    2
    1
    45
    11
    29
    50
    2
    Manchester City
    20
    14
    3
    3
    53
    14
    33
    45
    3
    Newcastle
    20
    10
    9
    1
    33
    11
    22
    39
    4
    Manchester United
    20
    12
    3
    5
    32
    20
    7
    39
    5
    Tottenham
    21
    11
    3
    7
    40
    21
    9
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved