Breaking News:

10 Trend Teknologi Edukasi di Tahun 2019

Pada 2019 ini diprediksikan ada 10 teknologi yang berpengaruh pada dunia pendidikan. Teknologi apa saja dan bagaimana pengaruhnya?

CLICK SOFTWARE
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Kehadiran teknologi dalam dunia pendidikan mengubah dinamika pendidikan. Terutama hubungan antara guru dan siswa. Mulai dari proses belajar, metodelogi, hingga personalisasi program pembelajaran.

Hal terpenting, kehadiran teknologi tidak untuk menegasikan peran para pengajar dan institusi pendidikan, melainkan untuk menguatkan fungsi seluruh stake holder untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan.

“Di Indonesia belum semua teknologi yang berkembang saat ini digunakan, namun dengan mengetahui arahan perkembangan teknologi di dunia pendidikan, maka institusi pendidikan pun dapat bersiap menghadapinya,” ujar Fernado Uffie, pemerhati dunia pendidikan Indonesia yang juga Country Manager Extramarks Indonesia.

Berdasarkan pengamatan Uffie, pada tahun 2019 ini diprediksikan ada 10 teknologi yang berpengaruh pada dunia pendidikan. Teknologi apa saja dan bagaimana pengaruhnya terhadap dunia pendidikan?

1.    Artificial Intelligent (AI)

Artificial Intelligence ini tidak lepas dari analisis big data, dimana para pendidik bisa membuatkan program khusus untuk masing-masing siswa, sesuai dengan daya tangkap dan kecepatan belajarnya masing-masing sehingga berkesempatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

AI juga dapat memfasilitasi otomatisasi tugas-tugas administratif seperti penilaian siswa dan penambahan konten cerdas dalam kurikulum.

Berdasarkan proyeksi dari IDC dalam laporan berjudul “FutureScape: Worldwide Education 2019 the Top 10 Predictions”. Pada tahun 2020 nanti, ada 30% kementrian dan institusi pendidikan secara global yang akan memanfaatkan AI ini untuk menciptakan ruang kelas digital yang ramah untuk siswa dan lebih terkontrol dari beragam pengaruh buruk yang ada di dunia maya.

2.    Big Data

Big data analytics menampung berbagai data yang masuk dari device siswa, guru dan sekolah, yang jumlah nya sangat besar sekali.

Halaman
1234
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved