IoT Makers Creation 2019 Hasilkan Tiga Pemenang

Sebelumnya, ketiga peserta tersebut berhasil masuk dalam 10 besar finalis yang berkesempatan memamerkan solusinya pada pameran e2ecommerce Indonesia

IoT Makers Creation 2019 Hasilkan Tiga Pemenang
HandOut
Para pemenang Program Internet of Things (IoT) Makers Creation 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Internet of Things (IoT) Makers Creation 2019, pencarian makers lokal melalui hands on workshop di 10 kota, kompetisi, dan inkubasi berkelanjutan, menghasilkan 3 tim peserta sebagai pemenang.

Tiga tim itu adalah Elco_Thunder, Rene_Team, dan Klik Ternak.

Sebelumnya, ketiga peserta tersebut berhasil masuk dalam 10 besar finalis yang berkesempatan memamerkan solusinya pada pameran e2ecommerce Indonesia in collaboration with IoT Makers Creation di Jakarta, dari 100 karya yang masuk ke panita kompetisi.

IoT Makers Creation 2019 merupakan bentuk kegiatan pengembangan ekosistem melalui kolaborasi antara Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo mengatakan ekosistem yang mendukung perlu ditumbuhkan agar implementasi layanan IoT bisa masif di Indonesia.

”Solusi IoT yang bersifat kekhususan, apalagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia perlu ditingkatkan dari sisi supply agar deman yang saat ini masih wait and seebisa teryakini bahwa solusi IoT bisa memberikan benefit,” ujarnya pada Awarding Ceremony IoT Makers Creation 2019 dalam pameran e2ecommerce Indonesia in collaboration with IoT Makers Creation di Jakarta, Kamis (26/9/2019)

Adapun Harjanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin mengatakan kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian program pencarian, pembekalan, hingga mendorong talenta lokal di bidang IoT.

“IoT merupakan salah satu pilar teknologi dalam Industri 4.0. Agar bisa terbentuk menjadi start up lokal yang fokus mengembangkan solusi IoT dari berbagai daerah di Indonesia, maka harus didorong bersama oleh seluruh pemangku kepentingan”.

Satu di antara pemangku kepentingan yang memegang peran sentral agar Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri adalah makers dan komunitas.

Saat ini peran pemerintah tidak cukup jika hanya menjadi policy maker dan regulator, namun perlu untuk menjadi fasilitator agar Indonesia bisa menangkap peluang era digitalisasi dengan maksimal.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved