Tahun Ini, Tokopedia Targetkan Bisa Menyumbang 1,5 Persen untuk Perekonomian Indonesia

Tokopedia memproyeksikan gross merchandise value (GMV) atau nilai transaksi tahun ini mencapai Rp 222 triliun

Tahun Ini, Tokopedia Targetkan Bisa Menyumbang 1,5 Persen untuk Perekonomian Indonesia
Rina Ayu
Komisaris Utama Tokopedia Agus Martowardojo (tengah berbatik biru), Co-founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison (berkacamata), Direktur Kebijakan Publik dan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni (berjilbab), di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga akhir 2019, startup e-commerce lokal Tokopedia Tokopedia menargetkan mampu menyumbang 1,5 persen dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Seperti diketahui, Tokopedia memproyeksikan gross merchandise value (GMV) atau nilai transaksi tahun ini mencapai Rp 222 triliun.

Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison menuturkan, saat ini sudah ada 6,6 juta penjual di platform Tokopedia, dan 94 persennya merupakan UMKM.

Staf bersiap memberikan pelayanan di Tokopedia Care yang baru secara resmi dibuka di Puri Kembangan, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Tokopedia Care didirikan bertujuan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kualitas terbaik layanan Tokopedia. Selain di Jakarta Tokopedia Care juga hadir di Yogyakarta dan Semarang. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Staf bersiap memberikan pelayanan di Tokopedia Care yang baru secara resmi dibuka di Puri Kembangan, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Tokopedia Care didirikan bertujuan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kualitas terbaik layanan Tokopedia. Selain di Jakarta Tokopedia Care juga hadir di Yogyakarta dan Semarang. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA (TRIBUN/DANY PERMANA)

"Kontribusi terhadap perekonomian Indonesia sampai saat ini sudah sekitar 1 persen dan diprediksikan akhir 2019 kami (Tokopedia) bisa mencapai 1,5 persen dari perekonomian Indonesia," kata Leon.

Selain itu, Leon mengklaim, berdasarkan statistik 2018, kontribusi Tokopedia terhadap lapangan kerja baru mencapai 857 ribu.

"Sekitar 300 ribu itu menggantungkan penghasilan atau hidupnya adalah dari platfrom tokopedia," tutur dia.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved