Ingin Coba Mobil Listrik? Tenang, Grab akan Luncurkan Fitur Baru Berbasis Elektrik pada 2020

Grab melakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk meluncurkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik. Peluncuran yang dilakukan di Kantor Kemen

Ingin Coba Mobil Listrik? Tenang, Grab akan Luncurkan Fitur Baru Berbasis Elektrik pada 2020
Tribunnews/Dea Duta Aulia
(Dari kanan ke kiri) Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr. Hammam Riza, M.Sc., Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di peluncurkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik di Kantor Koordinator Maritim dan Investasi, pada Jumat (13/12/2019). Tribunnews/Dea Duta Aulia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grab melakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk meluncurkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik. Peluncuran yang dilakukan di Kantor Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, pada Jumat (13/12/2019).

Acara peluncuruan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik bertujuan untuk mempercepat adopsi Electric Vehicle (EV) di Indonesia serta mewujudkan jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan dan menjalankan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Baca: Baru Diluncurkan, Grab Membeberkan 4 Keunggulan GrabHealth

Selain kedua alasan tersebut, peluncuran Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik ini, juga merupakan kelanjutan dari komitmen SoftBank dan Grab, di mana SoftBank menginvestasikan US$ 2 miliar ke Indonesia.

Melalui investasi tersebut, Grab ingin membangun ekosistem EV Indonesia dan mendukung pemerintah mencapai 2 juta unit kendaraan pada tahun 2025.

“EV Ecosystem Roadmap memungkinkan Grab dan Pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan dan mendorong kemajuan Indonesia dalam memenuhi target EV dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin EV di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujar President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata di Kantor Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, pada Jumat (13/12/2019) siang.

Untuk mewujudkan itu semua, Grab tidak hanya menjalin kerja sama dengan pemerintah. Namun, Grab Indonesia juga berkolaborasi dengan Hyudai, Astra Honda Motor (AHM), dan Gesits.

Dalam kolaborasi Ini, Grab akan melakukan uji coba kendaraan listrik berupa mobil dan motor di wilayah Jabodetabek. Untuk langkah pertama, Ridzki mengatakan, pihaknya melakukan pengujian kepada 20 unit kendaraan listrik. Dalam pengujian tersebut, Ia pun menambahkan, Grab juga mempelajari berbagai aspek seperti pengadaan unit, bisnis modal, perawatan, dan pengisian daya.

Baca: GrabHealth Mendapat Respon Positif dari Berbagai Pihak, Ini Manfaatnya

“Jika sudah jelas (pengujiannya) kita liat paketnya seperti apa dan kita kembangkan seperti apa,” tambah Ridzki.

Selain mempelajari berbagai aspek, untuk lebih memaksimalkan pengujian, Grab Indonesia akan memilih dan menawarkan kendaraan listrik kepada mitra untuk menjadi pengemudi. Selain itu, Ridzki mengatakan, setelah pengujian selesai, Grab Indonesia akan meluncurkan Grab Car Elektrik yang dapat di akses di aplikasi Grab oleh masyarakat Indonesia.

“Dengan diluncurkan Grab Car Elektrik (pada Januari 2020), pengguna bisa menggunakan mobil elektrik ini,” tambahnya.

Langkah Grab Indonesia untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik dinilai tepat sasaran. Sebab Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Drodjonegoro menilai langkah tersebut dapat menurunkan polusi udara.

“Kita tau terutama yang tinggal di kota besar, polusi udara disebabkan oleh dua kelompok, yaitu transportasi kendaraan bermotor dan pembangkit listrik batu bara,” kata Menristek Bambang.

Ia pun menekankan, agar Grab Indonesia dapat berkomitmen untuk membuat ekosistem yang benar-benar ramah lingkungan, mulai dari sumber listrik hingga penggunaan kendaraan listrik.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved