Bikin Pengalaman Bermain Game Selalu Optimal dan Menyenangkan

Monitor gaming bukan hanya penting bagi pengguna PC, tapi juga pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visual

Bikin Pengalaman Bermain Game Selalu Optimal dan Menyenangkan
ist
ilustrasi monitor gamers 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang gamer perlu mengetahui beberapa faktor utama agar gaming experience atau pengalaman saat bermain game selalu optimal dan menyenangkan.

Selain pemilihan game yang cocok dengan selera, ‘wajib hukumnya’ performa sistem komputer/PC gaming yang digunakan layak atau mumpuni untuk menjalankan game-game pilihannya.

Selain performa sistem yang terkait dengan pemilihan jenis prosesor (CPU), graphic card, RAM, dan storage, masih ada satu hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu dicermati seorang gamer yakni monitor, dalam hal ini monitor gaming.

Monitor gaming bukan hanya penting bagi pengguna PC, tapi juga bagi penting bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visualnya.

Meskipun mobile device, seperti smartphone (83%) telah menjadi platform favorit gamer di Indonesia, platform PC/laptop (45%) dan game console (18%) masih cukup signifikan digunakan di Indonesia (menurut Twitter Gaming Insights Survey).

Baca: Gamers, Nikmati Performa Tangguh V19 Dengan vivo Multi-Turbo

Baca: Cegah Penularan Covid-19, Pertamina Monitor Pekerja Lewat MyDoctor

Baca: Ini yang Dilakukan Ikhwan Ciptady Muhammad Selama PS Tira Persikabo Diliburkan

Ini dapat menjadi indikasi jika pasar monitor gaming di Indonesia masih akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industri game di Indonesia.

Meskipun ada sedikit unsur subjektivitas (merek, desain, dan unsur selera lain), ada panduan atau batasan jelas yang harus diperhatikan dalam memilih monitor gaming ideal bagi seorang gamer.

Agar tidak salah memilih monitor gaming, ada beberapa istilah penting yang perlu diketahui seorang gamer, yaitu Resolusi, Refresh Rate, Response time, Adaptive Sync, Jenis Panel, Color Gamut, dan Dukungan Konektor. Berikut ini penjelasannya.

Resolusi
Resolusi layar merupakan salah fitur monitor yang paling pasti disebutkan dalam spesifikasi teknis monitor. Saat ini, mayoritas monitor yang beredar di pasar memiliki dukungan resolusi: Full HD / 1080p, 2K / Quad HD / 1440p dan 4K / Ultra HD / 2160p

Meskipun masih dominan, layar resolusi 1080p perlahan mulai ditinggalkan para gamer (enthusiast gaming) karena tidak lagi memenuhi ekspektasi mereka dalam ketajaman dan kualitas visual gambar.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved