Yuk, Screening Online COVID-19 Lewat Layanan GrabHealth Powered by Good Doctor

Screening online diharapkan menjadi salah satu cara untuk membantu mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit dalam memerangi pandemik COVID-19.

Yuk, Screening Online COVID-19 Lewat Layanan GrabHealth Powered by Good Doctor
dok. Grab Indonesia

TRIBUNNEWS.COM - Screening online diharapkan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit dalam memerangi pandemik COVID-19 di Indonesia terutama pada masa social distancing seperti sekarang.

Untuk itu, sebagai langkah nyata, Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal COVID-19 melalui tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth powered by Good Doctor.

Lewat sistem telekonsultasi langsung dengan mitra dokter yang siaga 24/7, layanan GrabHealth powered by Good Doctor ini diharapkan bisa membantu mengindikasi masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, sedang, maupun tinggi, untuk kemudian diberikan rekomendasi lebih lanjut oleh mitra dokter sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

“Kepercayaan ini merupakan tugas dan tanggung jawab penting bagi kami. Dengan tools yang kami miliki, kami merasa penting bersinergi dengan pemerintah demi mempercepat penanganan COVID-19 dengan memfasilitasi masyarakat melalui layanan telekonsultasi agar terhindar dari risiko penularan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Menurut jurnal JAMA, dari kasus awal di Wuhan, transmisi COVID-19 dari orang ke orang di lingkungan rumah sakit terindikasi terjadi pada 41% pasien1. Dengan memberikan layanan screening risiko infeksi COVID-19 melalui telekonsultasi, maka assessment risiko bisa dilakukan secara online melalui tanya jawab dengan mitra dokter kami. Mitra dokter juga akan segera memberikan petunjuk kepada pengguna terkait langkah yang perlu mereka lakukan selanjutnya sesuai dengan protokol Kementerian Kesehatan. Pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan mitra dokter dari GrabHealth powered by Good Doctor, berbeda dengan chatbot, dengan respon cepat, akurat dan tidak dipungut biaya atau gratis.” jelas dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management of Good Doctor.

GrabHealth powered by Good Doctor akan melayani sesi konsultasi terkait screening COVID-19 untuk semua pengguna Grab sebagai pemeriksaan awal untuk mengetahui potensi risiko infeksi COVID-19 mulai dari kontak erat risiko rendah, sedang dan tinggi. Apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko rendah atau sedang, maka mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri sendiri.

Namun, apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko tinggi, maka mitra dokter dapat merekomendasikan pengguna yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan COVID-19.

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor ini dapat diakses oleh para pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Malang, Sidoarjo, Bali (Denpasar), Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado.

Pengguna bisa mengakses layanan ini melalui itur layanan "Kesehatan" yang terdapat pada halaman utama aplikasi Grab. Kemudian pilih menu “Konsultasi Kesehatan” dan klik “Chat Gratis dengan Dokter Kami”. Setelah itu, pengguna dapat memulai sesi tanya jawab seputar skrining risiko dengan mitra dokter Grab.

Selain itu, pengguna juga dapat langsung memilih tampilan “Cek Risiko Tertular Corona” melalui feed di halaman utama aplikasi Grab. Kemudian klik “Tanya Sekarang” lalu pilih “Konsultasi Kesehatan”. Setelah itu, pilih “Chat Gratis dengan Dokter Kami” dan mulailah proses tanya jawabnya.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengatakan, “Sejak awal, bahkan sebelum wabah COVID-19 terkonfirmasi positif di Indonesia, kami telah menjalin komunikasi intensif dengan badan pemerintah terkait sebagai upaya antisipasi dini dan memastikan kami memiliki sumber daya yang dibutuhkan oleh konsumen kami, maupun masyarakat luas. Grab melalui GrabHealth powered by Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah terkait, untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Hal ini merupakan bagian dari inisiatif #KitaVSCorona yang kami luncurkan sebagai wujud upaya bersama memerangi COVID-19. Sebagai bentuk komitmen kami, Grab akan menyediakan armada khusus layanan transportasi dan pengiriman (GrabCar, GrabBike, GrabExpress dan GrabFood) untuk para tenaga medis yang menjadi garda depan penanganan COVID-19 di berbagai fasilitas medis terpilih.”

GrabHealth powered by Good Doctor tersedia secara gratis di aplikasi Grab untuk smartphone Android dan iOS. Konsultasi kesehatan di Good Doctor tidak dikenakan biaya*. Pengguna juga bisa mendapatkan produk dan alat kesehatan di Health Mall Good Doctor, yang telah bekerja sama dengan lebih dari 800 mitra apotek terpercaya, termasuk Century, K24, Griya Farma, dan rekanan farmasi lainnya. Layanan lain berupa pembuatan janji temu dokter di rumah sakit/ klinik yang bermitra juga sudah dapat diakses pengguna.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved