Gojek Shield, Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Atasi Praktik Curang Aplikasi Hasil Modifikasi

Gojek kini telah mengembangkan sebuah sistem keamanan berbasis kecerdasan buatan yang diberi nama Gojek Shield.

IST/TRIBUN PEKANBARU
Keynote Speech oleh SVP Transport Marketing Gojek, Monita Moerdani tentang 3 pilar inisiatif Perempuan #AmanBersamaGojek yang terdiri dari teknologi Gojek SHIELD, proteksi, dan edukasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator layanan transportasi ojek online seperti Gojek sejak lama dibikin pusing oleh kemunculkan orderan tipu-tipu atau disebut juga orderan 'tuyul' yang merugikan perusahaan dan juga mitra driver.

Keberadaan aplikasi hasil modifikasi ini dibuat oleh sindikat kriminal dan sejatinya mengancam keamanan para mitra ojek online.

Tak tinggal diam, Gojek kini telah mengembangkan sebuah sistem keamanan berbasis kecerdasan buatan yang diberi nama Gojek Shield.

Teuku Parvinanda, Senior Manager Corporate Affair Gojek menjelaskan, Gojek Shield mampu mendeteksi berbagai jenis kecurangan terutama mendeteksi oknum yang menggunakan modapp atau aplikasi yang sudah dimodifikasi untuk mencurangi Gojek.

"Ini bagian dari inisiatif #AmanBersamaGojek yang diluncurkan pada Februari lalu," ungkap Teuku Parvinanda dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews, Senin 30 Maret 2020.

Teuku memaparkan, Gojek Shield telah berhasil mengidentifikasi berbagai jenis kecurangan. Baru-baru ini, setelah berhasil mendeteksi ribuan aplikasi notifikasi atau Modapp.

Teknologi ini juga berhasil menonaktifkan lebih dari 500 akun di Indonesia yang terdeteksi tetap beroperasi menggunakan aplikasi modifikasi tersebut.”

Ini Modusnya

"Rata rata modus yang dipakai sindikat kriminal adalah menawarkan sebuah aplikasi kepada mitra driver dengan iming-iming palsu," jelas Teuku.

Aplikasi modifikasi diklaim para sindikat kriminal ini dapat meningkatkan jumlah order, dapat memilih orderan sesuai keinginan seperti hanya orderan untuk jarak dekat atau hanya orderan GoFood, dan kebal dari sistem suspensi.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved