Breaking News:

Kamera Ini Diklaim Bisa Deteksi Suhu Tubuh, Lebih Cepat dari Thermometer Tembak

Jika kamera ini diletakkan pada area khusus karyawan, dapat digunakan untuk fungsi presensi.

IST
kamera AITP04 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - EVO Smart Life meluncurkan kamera pendeteksi suhu tubuh AITP04 dengan teknologi terbaru berbasis artificial intelligence dan menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Ini merupakan kamera pendeteksi suhu tubuh multifungsi dan disebut mampu memberikan hasil akurat tanpa kontak, dalam waktu singkat.

Mikael Ricardo, Direktur EVO Smart Life mengatakan, sejalan dengan aktivitas bisnis yang perlahan mulai dibuka kembali, menjadi prioritas pelaku bisnis untuk melindungi karyawan dan pengunjung dari resiko Covid-19.

Langkah pertama untuk melindungi mereka adalah dengan memperkuat pengawasan temperatur menggunakan kamera pendeteksi suhu tubuh.

Baca: APPBI Siapkan Aturan Baru untuk Tenant Menjelang Pembukaan Kembali Mal

"Dirancang untuk membantu bisnis mengidentifikasi dini individu yang berisiko, pemilihan kamera pendeteksi suhu tubuh yang tepat adalah investasi bisnis jangka panjang,” ungkap Mikael dalam keterangannya, Senin (8/6/2020).

Baca: Siap Buka Lagi, Jaringan Bioskop CGV Tunggu Jadwal Resmi dari Pemerintah

Untuk memilih kamera pendeteksi suhu tubuh yang tepat untuk bisnis dia menyarankan, pilih kamera pendeteksi suhu tubuh dengan akurasi tinggi.

"Kamera berbasis artificial intelligence dan menggunakan teknologi pengenalan wajah, jauh lebih akurat karena pengukuran suhu tepat pada kening dan kelenjar air mata. Teknologi ini juga sangat penting untuk menghindari false positive dari sumber panas lainnya,” ujarnya.

Baca: PLN: Tagihan Listrik yang Melonjak Bisa Dicicil, Bayar 60 Persen Dulu. . .

Dia mengatakan, kamera pendeteksi suhu tubuh harus dapat memberikan hasil pengukuran contactless dalam waktu singkat.

Di area traffic tinggi, kamera harus dengan cepat mengukur suhu tanpa kontak agar dapat mengurangi kemungkinan infeksi virus yang timbul dari antrean yang padat sehingga memberikan kenyamanan pada pengunjung. 

Di mengklaim, kamera AITP04 memiliki tingkat akurasi ±0,30C dan bisa mendeteksi suhu tubuh secara contactless pada jarak hingga 1,5 meter dalam waktu kurang dari 1 detik atau 5x lebih cepat dibandingkan penggunaan thermometer tembak.

Mikael Ricardo menyatakan, kamera AITP04 ini dirancang portabel, ringkas, sangat mudah dipasang dan digunakan serta multifungsi karena memiliki fitur people counter dan fitur check-in.

Fitur people counter digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung yang datang. Jika kamera ini diletakkan pada area khusus karyawan, dapat digunakan untuk fungsi presensi atau memberikan akses hanya kepada pekerja terdaftar.

Untuk mengoperasikan kamera ini, objek cukup berdiri di depan kamera. Kamera mendeteksi suhu tubuh dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah dengan artificial intelligence.

"Teknologi ini hanya mendeteksi suhu kening manusia sehingga dapat meminimalisasi false positive dari sumber panas lainnya. Satu detik kemudian, alarm akan berbunyi jika suhu tubuh abnormal," katanya.

Berita Populer
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved