Breaking News:

Cloud Kitchen GoFood Solusi Inovatif UMKM Ekspansi Dengan Modal Minim

Salah satu bentuk kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah kemudahan dalam memesan makanan secara online.

dok. Gofood

TRIBUNNEWS.COM -  Perkembangan teknologi telah mendorong berbagai kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah kemudahan dalam memesan makanan secara online.

Penelitian dari Nielsen pada tahun 2019 menunjukkan bahwa dari 1.000 konsumen Indonesia yang disurvei, 95% memesan makanan siap saji. Dari jumlah tersebut, 58% memesan makanan menggunakan layanan aplikasi pengiriman makanan.

Survei yang sama juga telah menunjukkan, bahwa konsumen Indonesia tertarik menggunakan aplikasi pengiriman makanan karena faktor kenyamanan yang ditawarkan.

Layanan aplikasi pengiriman makanan  dianggap dapat menghemat banyak waktu karena mengurangi waktu untuk bepergian, mengantri, dan menunggu makanan di restoran. Hal tersebut merupakan prinsip mendasar yang mendorong perkembangan pesat restoran yang berbasiskan internet.

Cloud kitchen adalah sebuah dapur kolektif yang terdiri atas berbagai macam restoran. Restoran tradisional biasanya memiliki kebutuhan seperti pegawai, pelayan, sewa gedung toko dengan fasilitas memadai dan lokasi strategis dengan harga yang cocok, serta fasilitas restoran untuk pelanggan makan di tempat (dine-in), dan peralatan inventaris untuk keindahan toko lainnya.

Bagi UMKM kuliner, solusi mengembangkan bisnis melalui cloud kitchen ini bisa jadi pilihan. Pasalnya, cloud kitchen mampu meminimalisir biaya operasional dibandingkan buka cabang yang berdiri sendiri, serta dapat lebih mendekatkan diri kepada konsumen di wilayah tertentu.

Model bisnis ini telah ada di dunia bisnis kuliner sejak lama dan efektif dalam membantu pelaku bisnis mengembangkan usahanya  dengan berkurangnya berbagai biaya operasional.

Konsep cloud kitchen telah banyak diusung oleh para pemain layanan pesan-antar makanan terkemuka di dunia dan terbukti sukses membawa UMKM melaju dengan skala bisnis lebih besar.

Menyusul hal ini, Gojek bekerja sama dengan Rebel Foods, yang telah memiliki reputasi mendunia di bidang cloud kitchen, mendirikan PT Rebel GoFood Indonesia untuk menghadirkan konsep cloud kitchen yang beroperasi dengan nama Rebel GoFood Indonesia.

Adapun layanan cloud kitchen ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang telah berada di ekosistem GoFood dengan berbagai keuntungan, antara lain:

Halaman
123
Berita Populer
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved