Breaking News:

Akhirnya, Inggris Putuskan Larang Huawei Ambil Bagian di Jaringan 5G

Perusahaan-perusahaan di Britania Raya juga harus menyingkirkan semua 'peralatan Huawei' yang mereka gunakan mulai 2027 mendatang.

Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Sekretaris media Inggris Oliver Dowden mengatakan Pemerintah Inggris  melarang perusahaan telekomunikasi di negaranya melakukan transaksi pembelian komponen teknologi 5G Huawei mulai akhir tahun ini.

Perusahaan-perusahaan di Britania Raya juga harus menyingkirkan semua 'peralatan Huawei' yang mereka gunakan mulai 2027 mendatang.

Dikutip dari laman Russia Today, Rabu (15/7/2020), Dowden menyampaikan, Pusat Keamanan Cyber ‚Äč‚ÄčNasional negara itu telah memberitahu para menteri bahwa mereka telah secara signifikan mengubah penilaian tentang kehadiran Huawei dalam jaringan 5G Inggris.

"Ini bukan keputusan yang mudah, tetapi menjadi keputusan yang tepat bagi jaringan telekomunikasi Inggris, bagi keamanan nasional dan ekonomi kita, baik saat ini dan maupun jangka panjang," ujar Dowden.

Baca: Pemerintah Jepang Anggarkan 70 Miliar Yen Lewat NEDO untuk Pengembangan Sistem 5G

Berbicara di parlemen, ia berpendapat bahwa mengandalkan perusahaan China untuk penyediaan teknologi sensitif bagi Inggris, membuka peluang risiko keamanan yang besar.

Baca: Kualitas Internet di Jabotabek Turun Selama WFH, Jaringan 5G Didesak Segera Direalisasikan

Dowden menegaskan langkah pelarangan terhadap Huawei ini tentunya akan memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan Inggris dan perusahaan-perusahaan dari negara-lainnya seperti Jepang dan Korea Selatan (Korsel) untuk membawa produk mereka yang akan berfungsi sebagai pengganti Huawei.

Baca: China Berniat Pasang 600 Ribu Stasiun 5G Akhir Tahun Ini

Pemerintah Inggris juga akan mengajukan Rancangan Undang-undang (RUU) untuk memastikan bahwa aliran peralatan 5G Huawei ke negara itu benar-benar dihentikan.

Terkait hal ini, seorang juru bicara Huawei mengatakan bahwa keputusan untuk melarang penggunaan peralatan raksasa teknologi asal China ini merupakan kabar buruk bagi siapapun yang memiliki ponsel pintar di Inggris.

Selain itu, pelarangan ini juga berisiko memperlambat inovasi digital di negara tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved