Breaking News:

Guru BK Jadi Mudah Tahu Bakat dan Minat Siswanya Lewat Aplikasi di Ponsel Androdi Ini

Idealnya seorang guru BK harus mampu memahami dengan baik pribadi, karakter, kekurangan, serta kelebihan dari para siswanya.

Istimewa
Aku Pintar menggandeng Forum Rumah Guru BK mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Aku Pintar Guru di Juli 2020. Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan Program Guru BK Pintar. 

Laporan Reporter Tribunnews, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peran bimbingan konseling (BK) dalam dunia pendidikan tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbeda dengan guru mata pelajaran yang kerap menjadi pusat dalam proses belajar mengajar di kelas, guru BK lebih berperan sebagai pendukung keberhasilan proses belajar siswa.

Guru BK mendampingi siswa belajar untuk mencapai kecerdasan dan kedewasaan. Dalam pengaplikasiannya, guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling yang penting bagi para siswa saat menemui kendala dalam proses belajar.

Idealnya seorang guru BK harus mampu memahami dengan baik pribadi, karakter, kekurangan, serta kelebihan dari para siswanya.

Pemahaman serupa juga harus dimiliki guru BK dalam memberikan arahan kepada siswa perihal minat bakat dan jurusan.

Alasannya, pemilihan sekolah dan jurusan merupakan hal yang sangat penting terutama dalam menentukan karier dan masa depan. Hal tersebut harus ditentukan sejak anak di bangku SMP dan SMA.

Sayangnya, para guru BK seringkali terbentur oleh kendala waktu dan keterbatasan sarana serta prasarana dalam melakukan tes minat bakat kepada para siswa satu per-satu. Belum lagi untuk setiap tes yang dilakukan hasilnya pun memerlukan waktu tersendiri.

Baca: Cara Gunakan Sepeda di Stasiun MRT Bundaran HI, Unduh Dulu Aplikasi Gowes

Namun dengan aplikasi  bernama Aku Pintar Guru (APG) ini, problem-problem tadi diyakini bisa teratasi.

APG merupakan aplikasi bagi guru (pengajar) yang mempermudah proses pembelajaran dalam memahami kebutuhan masing-masing siswa berdasarkan hasil tes Minat dan Bakat dari fitur Minat Pintar di aplikasi Aku Pintar bagi siswa.

Baca: SIKM Digantikan dengan CLM, Sistem yang Dapat Diakses Melalui Aplikasi JAKI, Berikut Perbedaannya

APG diperuntukkan bagi semua guru termasuk guru les dan kursus, namun dalam tahap edukasi ini, pengenalan pertama kali dilakukan kepada guru BK.

Halaman
123
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved