Breaking News:

Menteri Johnny Janjikan Internet 4G Akan Tersedia di Seluruh Indonesia Paling Lambat Tahun 2022

"Selambat-lambatnnya tahun 2022 akhir sudah tersedia seluruhnya layanan sinyal 4G yang memungkinkan Indonesia.

HANDOUT
Menkominfo Johnny G Plate. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan bahwa layanan internet 4G akan tersedia di seluruh wilayah Indonesia pada akhir 2022.

Hal itu disampaikan Johnny saat membuka diskusi bertajuk 'Telemedisin untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan,' melalui siaran YouTube Kemkominfo TV, Sabtu (22/8/2020).

"Selambat-lambatnnya tahun 2022 akhir sudah tersedia seluruhnya layanan sinyal 4G yang memungkinkan Indonesia dan masyarakatnya bermigrasi dan bertransformasi memasuki era masyarakat digital," kata Johnny.

Johnny menambahkan, saat ini pembangunan infrastruktur internet atau ketersediaan layanan sinyal 4G itu merupakan salah satu program Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital.

Baca: Jaringan Data 4G XL Axiata Kini Jangkau 450 Kota dan Kabupaten di Indonesia

Hingga saat ini, terdapat 12.548 desa dan kelurahan serta setidaknya 150.000 layanan publik yang belum terjangkau layanan internet, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Baca: Tingkatkan Kapasitas Jaringan 4G, Operator Seluler 3 Ujicoba DSS Bareng Nokia

"Internetifikasi rasio yang ingin ditingkatkan, disparitas internet antar-orang antarwilayah ingin diperkecil, ditekan sekecil-kecilnya, internet yang berkecepatan tinggi," jelas Johnny.

Pihaknya, juga akan melakukan pengembangan sumber data manusia (SDM) dibidang digital.

Tentunya, kata Johnny, SMD yang komprehensif dan berkelanjutan mulai dari literasi digital, talenta digital, hingga kepemimpinan di era digital.

"Pendidikan-pendidikan yang terkait dengan migrasinya ekonomi dari ruang fisik ke ruang digital, ekonomi digital, yang dari waktu ke waktu terus meningkat," jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved