Breaking News:

Forum Bisnis Virtual HunindoTech 2.0, Kolaborasi Indonesia-Hongaria untuk Ekosistem Digital

Di HunindoTech 2.0 Menlu Retno Marsudi menyampaikan ekonomi digital Indonesia memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia dan Hungaria baru saja menjalin kolaborasi teknologi lewat agenda Forum Bisnis Virtual HunIndoTech 2.0 yang membahas mengenai startup dan manajemen inovasi, teknologi transportasi hingga teknologi medis selama dua hari, 17 dan 18 November 2020.

Kegiatan yang melibatkan pelaku bisnis dari kedua negara ini dibuka Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Retno Marsudi menyampaikan ekonomi digital Indonesia memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Hal itu karena proyeksi nilai yang bisa dihasilkan dari ekosistem digital pada 2025 mencapai 133 miliar dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Presiden Jokowi : ASEAN Harus Tumbuh Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital

Selain itu, didukung pula perkembangan startup yang semakin massive sejak 2019 lalu.

Mengingat Indonesia memiliki ekosistem digital yang menjanjikan, dengan proyeksi nilai sebesar 133 miliar dolar AS pada tahun 2025 dan dengan lebih dari 2100 startup di tahun 2019.

Baca juga: Ekonomi Digital di Asia Tenggara Diprediksi Tumbuh Sampai 124 Miliar Dolar AS

Sementara itu, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Péter Szijjártó menyambut baik Forum Bisnis Virtual HunindoTech 2.0.

Menurutnya, agenda ini bisa meningkatkan kerja sama yang baik antara kedua negara.

Terlebih, tahun ini hubungan diplomatik Indonesia dan Hongaria akan memasuki tahun ke-65.

"Hubungan politik yang telah terjalin dengan sangat baik ini telah mendorong meningkatnya kerja sama di mana dalam 10 tahun terakhir Hongaria meningkakan perdagangan dengan Indonesia sebesar 29 persen," kata Szijjártó, dalam keterangan resminya, Rabu (18/11/2020).

Agenda ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para pebisnis Indonesia dan Hongaria untuk bertemu dan menjalin kemitraan meskipun di tengah situasi sulit akibat pandemi virus corona (Covid-19) ini.

Pada hari pertama, para pakar dari perusahaan teknologi paling inovatif kedua negara pun berbagi solusi digital di sejumlah bidang, mulai dari bidang pengembangan infrastruktur, teknologi keuangan (fintech) hingga keamanan siber.

Di hari kedua, diskusi webinar yang berfokus pada manajemen startup dan inovasi, teknologi transportasi, dan teknologi medis (medtech).

Selain Retno dan Szijjártó, secara virtual hadir pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Kepala Badan Promosi Ekspor Hongaria Dr Kristóf Szabó, serta Duta Besar Hongaria untuk Indonesia Judit Pach.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved