Google Meet Punya Fitur Baru Raise Hand, Siswa Jadi Lebih Mudah Bertanya Jawab ke Guru

Google Meet punya fitur baru raise hand, dapat mempermudah siswa bertanya ke Guru ketika kelas online.

Editor: Choirul Arifin
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
PEMBELAJARAN JARAK JAUH - Suasana pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada hari pertama pembelajaran di SMK PGRI 13 dengan video confrence lewat google meeting, Senin (20/7). Kendalanya untuk kelas XII karena biasanya semester dua sudah uji kompetensi, sehingga nanti ditunjuk siswa menjadi instruktur di kelas dan akan menjadwalkan siswa lainnya secara bergantian ke sekolah untuk melakukan praktek dan mendapat buku referensi sampai bank soal. Selain kendala praktek, PJJ juga terkendala semakin banyaknya siswa lalai hadir dalam kelas daring. Sehingga siswa yang tidak hadir nantinya akan diminta membuat resume. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Google Meet kedatangan fitur baru Raise Hand yang bisa membuat kelas online jadi lebih mudah dan interaktif. Fitur baru raise hand dapat mempermudah siswa bertanya ke guru saat belajar di kelas virtual atau kelas online.

Hanya tinggal klik raise hand, Guru bisa melihat notifikasi siapa yang bertanya.

Sebagaimana kita ketahui, kondisi pandemi memaksa sebagian kegiatan beralih secara online. Termasuk kegiatan yang berkaitan dengan tatap muka, seperti sekolah hingga meeting dalam sebuah pekerjaan.

Memanfaatkan platform meeting online, Anda bisa melakukan kegiatan tersebut tanpa harus bertatap muka.

Salah satu platform yang cukup digemari yakni Google Meet. Lewat platform tersebut Anda bisa melakukan meeting atau kelas secara online dengan fitur yang beragam.

Baca juga: Berikut Cara Mengganti Background Video Call pada Google Meet

Tidak jarang Google Meet juga digunakan untuk sekolah online. Namun demikian ada sedikit permasalahan yang timbul ketika kelas online.

Dalam sebuah kegiatan kelas online, siswa juga ingin bertanya apabila mereka merasa kesulitan.

Baca juga: Cara Membuat Background Menjadi Buram di Google Meet, Hanya Bisa Digunakan untuk Versi Desktop

Sayangnya dengan banyaknya siswa yang ikut, mungkin pengajar atau Guru sulit untuk memperhatikan siapa yang bertanya.

Oleh karena itu, Google Meet menambahkan fitur bernama raise hand. Fitur ini sangat berguna untuk orang-orang yang ingin bertanya ketika melakukan kelas atau meeting online.

Dikutip dari blog resmi Google, tombol raise hand tersedia di menu bagian bawah, ikon bergambar tangan kini tersedia di situ.

Bagi orang atau siswa yang ingin bertanya bisa klik tombol tersebut.

Secara otomatis, tampilan di layar Google Meet menampilkan ikon tangan yang terlihat mengacung lengkap dengan namanya muncul.

Dengan demikian, pihak moderator seperti Guru atau orang yang terkait bisa merespon dengan mudah siapa yang bertanya.

Setelah respon Anda mungkin telah terjawab, Anda bisa menurunkan tangan dengan klik tombol yang sama.

Fitur ini secara default akan muncul di Google Meet. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan Google Workspace dan G-Suite saja.

Untuk pengguna gratisan sayang sekali tidak bisa menikmati fitur ini.

Editor: Arif Budianto

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Google Meet kedatangan fitur yang bikin kelas online semakin interaktif, seperti apa?

Sumber: Kontan
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved