Breaking News:

Apple Akan Pindahkan Produksi iPad dan MacBook ke Vietnam Awal 2021

Apple menempuh langkah ini untuk meringankan dampak ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan China pada rantai pasoknya.

MACWORLD
iPad Pro 2020 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Apple Inch., dikabarkan akan memindahkan sebagian produksi iPad dan MacBook miliknya dari China ke Vietnam.

Perusahaan yang menangani produksi iPad dan Macbook Apple, yaitu Foxconn memperkirakan pemindahan jalur produksi ini akan dimulai pada awal 2021.

Mengutip dari Reuters, Selasa (1/12/2020), langkah ini dilakukan Apple untuk meringankan dampak ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan China pada rantai pasoknya.

Tetapi belum jelas terkait perangkat iPad dan MacBook model apa yang akan dipindahkan jalur produksinya ke Vietnam pada awal 2021.

Baca juga: Apple Umumkan Kehadiran Prosesor M1 Buatannya, Siap Tinggalkan Intel?

Sebelumnya Foxconn memang pernah mengatakan kepada para investornya, bahwa China sebagai pabrik dunia telah selesai.

Foxconn yang bermitra dengan beberapa vendor ponsel, memang telah merencanakan untuk memindahkan lebih dari 30 persen jalur produksi ke luar China.

Baca juga: CEO Apple Dituntut Pemegang Saham Akibat Penjualan iPhone di China

Selain itu, nilai investasi yang dikeluarkan untuk memindahkan jalur produksi ke Vietnam ini sebesar Rp 270 dolar Vietnam.

Buntut pemindahan jalur produksi ini, tidak lain karena kebijakan Pemerintahan Trump yang menggunakan tarif dan alat perdagangan internasional lainnya untuk menekan China.

Kebijakan Trump juga membuat kewalahan beberapa vendor asal China untuk mendapatkan suku cadang untuk perangkatnya, hal tersebut juga berdampak vendor asal Amerika Serikat yang mendapat tekanan juga di China. 

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved