Breaking News:

Revolusi Industri 4.0 Butuhkan Peran Serta Startup sebagai Implementator dan Problem Solver

Saat ini industri kecil dan menengah (IKM) menjadi salah satu sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional

TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -   Kementerian Perindustrian RI telah meluncurkan Program Startup4Industry 2020 bertajuk Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri.

Program ini merupakan stimulan yang diharapkan dapat mendorong munculnya ekosistem startup dibidang teknologi industri 4.0.

“Sebagai strategi dalam meningkatkan penggunaan teknologi Indonesia, Startup4Industry 2020 menghadirkan startup yang mampu menciptakan produk original yang dapat membantu peningkatan efisiensi dalam hal biaya, energi dan waktu, khususnya bagi industri kecil dan menengah (IKM),” ujar Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA).

Gati menyampaikan itu saat acara Seminar Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri secara daring, Senin, (7/12/2020).

Seminar tersebut merupakan rangkaian acara penghargaan kompetisi Startup4Industry yang diselenggarakan pada 7 – 8 Desember 2020.

Baca juga: Industri Non Migas Diprediksi Bangkit Pada 2021

Dikatakan Gati, saat ini industri kecil dan menengah (IKM) menjadi salah satu sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Sentuhan inovasi teknologi dari tech startup dalam bidang logistik, pencatatan stock, produksi dan kemudahan untuk pengelolaan akun toko online adalah sebagian solusi yang dapat ditawarkan kepada IKM dalam melakukan pengembangan usaha dan bangkit pada masa pandemi saat ini.

Subsitusi Impor

Sebagai langkah penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional, Pemerintah telah menetapkan target program substitusi impor sebesar 35% pada tahun 2022.

Untuk bisa unggul dalam berkompetisi, utamanya ditingkat global, industri memerlukan solusi teknologi yang dapat dihadirkan, salah satunya melalui peran startup sebagai technology provider.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved