Breaking News:

Enggak Ribet Lagi, 5 Manfaat Software Akuntansi bagi Bisnis Anda

Mengungguli alat pembukuan tradisional, aplikasi akuntasi diperkaya dengan fungsi yang inovatif dan menyeluruh sehigga proses akuntansi jadi mudah.

BizzInsight
Shutterstock
Manfaat software akuntansi/accounting software bagi keuangan bisnis Anda. 

TRIBUNNEWS.COM - Tak terelakkan, akuntansi merupakan aspek bisnis yang penting dalam pengelolaan keuangan. Berkembangnya era digital, diiringi kebutuhan akuntansi yang kian kompleks, membuat penggunaan software akuntansi lebih diperlukan.

Dengan hadirnya software akuntansi, segala aktivitas akuntansi yang konvensional, seperti input data, pemrosesan, dan penyusunan jurnal laporan keuangan yang awalnya diproses manual, kini dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Fitur-fitur dalam software akuntansi mampu menyediakan transparansi dan ketersediaan informasi keuangan perusahaan yang berkualitas.

Dalam istilah bisnis digital, software akuntansi termasuk ke dalam Enterprise Resource Planning (ERP). Mengutip Kompas, ERP adalah solusi layanan pengelolaan serta perangkat perusahaan yang bersifat lintas fungsional untuk integrasi dan otomatisasi operasional demi efektivitas dan efisiensi, termasuk pengelolaan keuangan.

Berikut 5 manfaat yang akan didapatkan perusahaan ketika menggunakan software akuntansi.

Menghemat waktu

Melansir situs IT Web, sistem software akuntansi memudahkan pekerjaan pengelola keuangan perusahaan, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan memanfaatkan sisa waktu berlebih untuk mengejar target pekerjaan lainnya.

Sebagai contoh, pekerjaan seperti membuat invoice untuk pelanggan, deposito bank, menulis cek, dan membuat laporan keuangan dapat dilakukan sekaligus dalam waktu yang lebih singkat.

Akurasi lebih maksimal

Proses akuntansi bisa jadi amat panjang dan rumit, sehingga ketelitian sangat diperlukan untuk menghindari salah perhitungan. Mengutip SolutionDot, input data maupun perhitungan secara terkomputerisasi dapat meminimalisasi kesalahan manusia. Terlebih, algoritma dalam software akuntansi sudah disesuaikan dengan model standar yang meminimalisasi risiko kesalahan.

Menghemat biaya operasional

Kembali melansir IT Web, software akuntansi juga memangkas biaya operasional. Dengan efisiensi waktu, perusahaan tak perlu membayar lembur karyawan atau membayar gaji tambahan untuk mempekerjakan pengelola keuangan outsourcing.

Selain itu, perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya pencetakan dokumen karena seluruh data dapat disimpan dan diakses secara digital.

Membantu pengelolaan arus kas

Software akuntansi dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan tepat, sehingga dapat membantu menganalisis arus kas Anda. Segala utang dan piutang pun dapat dicatat sehingga Anda membantu Anda menjadi alat perencanaan ke depan untuk mengatur pengeluaran Anda. Dengan begitu, pengelolaan arus kas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Monitoring data keuangan real time

Mengutip Invoiceberry, software akuntansi dapat memberitahukan posisi keuangan perusahaan secara realtime, tak perlu menunggu periode pembukuan yang biasanya dilakukan setiap bulan atau akhir tahun.

Laporan keuangan yang mendalam dapat Anda ketahui secara terus-menerus kapan pun Anda mau. Anda dapat selalu memantau posisi keuangan berbekal data realtime tersebut.

Salah satu software manajemen ERP populer yang menyediakan pengelolaan keuangan adalah Odoo. Odoo menghadirkan software akuntansi yang inovatif dan menyeluruh, serta memungkinkan perusahaan menyimpan dan mengkonsolidasi data secara akurat dan selaras dengan kerangka peraturan dan hukum di Indonesia.

Mengungguli alat pembukuan tradisional, aplikasi akuntasi Odoo diperkaya dengan fungsi yang inovatif dan menyeluruh. Akun Anda dapat berintegrasi dengan semua operasi bisnis.

Mengapa Anda wajib memilih Odoo?

software akunttansi odoo 2
Apa saja keunggulan aplikasi akuntansi Odoo?

Aplikasi akuntansi Odoo berkolaborasi dengan pakar akuntansi internasional dalam membuat fitur-fitur akuntansi yang unggul. Berikut beberapa keunggulan aplikasi Odoo.

Sesuai peraturan perpajakan Indonesia. Ketika Anda memilih Indonesia negara saat masuk Odoo, Odoo akan melokalisasi akun dalam bahasa Indonesia sekaligus menyediakan aturan pajak dan jurnal keuangan lokal.

Proses invoice dan billing lebih praktis. Anda bisa membuat faktur dan penagihan yang profesional, mengelola tagihan, dan melacak pembayaran dengan mudah. Anda juga dapat mengirim pengingat ke debitur hanya dengan beberapa kali klik saja.

Membayar tagihan lebih cepat dan aman. Pelanggan dapat menerima invoice secara online dan membayar langsung dengan metode pembayaran yang diinginkan

Cocokkan laporan perusahaan dengan bank Anda. Yang tak kalah menarik, aplikasi akuntansi Odoo juga dapat mencocokan laporan bank dengan laporan akuntansi perusahaan dengan mudah, sekaligus mencocokkan faktur atau dokumen pembayaran lainnya dengan rekening koran Anda.

Terintegrasi dengan aplikasi Odoo lainnya. Odoo adalah satu sistem yang secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi Odoo lainnya. Aplikasi Akuntansi Odoo, misalnya, dapat pula terintegrasi dengan penggunaan aplikasi lain, seperti Purchase, Sales, Inventory, Ecommerce, Expenses, Point of Sale. Bahkan, Anda pun dapat mengintegrasikan semua transaksi e-commerce di akun Anda, mulai dari penjualan, pembayaran, refund, pengiriman, dan lain-lain,

Menyajikan data real-time tentang performa keuangan perusahaan. Dengan aplikasi akuntansi Odoo, Anda juga dapat membuat laporan pendapatan, neraca, atau laporan arus kas Anda dengan mudah, sehingga dapat menganalisis kinerja keuangan dengan mudah. Bahkan, Anda juga dapat mengintegrasikan semua key performance index perusahaan untuk meningkatkan kinerja.

Modul E-faktur yang bermanfaat. Jangan lupakan keunggulan modul E-faktur Odoo, fitur yang dapat melokalisasi invoice sesuai aturan perpajakan di Indonesia (PPN, PPh, dan lain-lain). Berkat kepraktisannya, modul E-faktur Odoo dapat mengeset invoice dengan Nomor Seri Faktur Pajak yang sudah didapatkan dari kantor pajak untuk keperluan export file ke Aplikasi E-Faktur DJP.

Fitur ini berguna untuk perusahaan yang invoice-nya telah mencapai ratusan atau ribuan per hari, di mana mengeset nomor faktur untuk setiap invoice tentu sangat melelahkan. Melalui model E-faktur. Anda dapat mengeset invoice dengan nomor faktur secara otomatis.

Melalui keistimewaan yang ditawarkan, saat ini Odoo telah dipakai oleh lebih dari 5 juta pengguna dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar serta 2.550 mitra resmi sedunia. Jadi, bukan hanya perusahaan besar, pelaku usaha kecil dan menengah pun cocok menggunakannya,

Odoo adalah serangkaian software bisnis super lengkap untuk mendukung kebutuhan bisnis yang mudah digunakan, seperti Customer Relationship Management (CRM), Purchase Management, Inventory, Accounting, Finance, Human Resource Management, Project Management, Event, Payroll, Website, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Yuk, tinggalkan proses akuntansi tradisional yang menjemukan! Saatnya ciptakan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan dengan cara yang canggih melalui software akuntansi seperti Odoo. Odoo adalah masa depan pengelolaan keuangan perusahaan. Info lebih lanjut tentang keunggulan odoo, kunjungi link berikut ini.

Penulis: Bardjan / Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved